25 radar bogor

Pramuka Bantu Jaga Pemudik

SERIUS: Petugas Pramuka menghitung jumlah kendaraan yang melintasi jalur Tol Bocimi.
SERIUS: Petugas Pramuka menghitung jumlah kendaraan yang melintasi jalur Tol Bocimi.

CIGOMBONG–RADAR BOGOR, Euforia mudik Lebaran begitu dirasakan masyarakat hingga saat ini. Di sisi lain, ada petugas dan relawan yang rela mengawal jalannya mudik agar tetap aman dan nyaman. Salah satunya dari Gerakan Pramuka Dewan Kerja Ranting (DKR) Kecamatan Cigombong.

Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, mereka terus memantau arus mudik dan arus balik di Pos Pam Lido. Selain pantauan arus mudik, Pramuka Saka Bhayangkara juga ikut mengatur lalu lintas di dua titik rawan kemacetan, di antaranya pintu masuk Lido dan Pos Pam Polsek Cigombong. Lokasi tersebut berada di pintu keluar Tol Bocimi, perbatasan Desa Wates Jaya dan Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Sukabumi.

Ujang Ramdhani -anggota DKR Cigombong- mengatakan, selama H-7 hinga H+7 pihaknya mengerahkan 30 anggota Pramuka dari Saka Bhayangkara. Dengan pembagian tugas delapan orang per hari selama 24 jam.

”Kerja sama dengan Dishub ini sudah menjadi rutinitas tahunan. Setiap tahun kami diberi tugas pertama pemantauan arus mudik dan balik, kedua membantu kelancaran arus lalu lintas di kawasan rawan macet, bersama kepolisian dan beberapa ormas. Dengan jadwal yang kami buat, setiap hari kami tugaskan delapan orang dari pagi hingga pagi lagi secara bergantian,” bebernya pada Radar Bogor.

Di waktu yang sama, Dewi Septiani -anggota Pramuka lainnya- serius menghitung kendaraaan dari arah Bogor menuju Sukabumi menggunakan hand counter (HC) atau alat hitung manual. Ia juga terlihat serius mengawal para pemudik.

Dewi mengatakan, ada enam HC yang digunakan untuk menghitung kendaraan yang berbeda. ”Enam untuk hitung motor, mobil, kendaraan boks, bus, truk, dan minibus. Untuk tahun ini kendaraan yang mendominasi arus mudik yaitu motor dan kendaraan berpelat B,” kata dia.(dka)