25 radar bogor

Mengular sampai 10 Kilometer

MENGULAR: Kendaraan padat merayap di pintu tol Cikarang Utama.
MENGULAR: Kendaraan padat merayap di pintu tol Cikarang Utama.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Kepadatan ken­daraan terjadi pada H+5 Lebaran 2018 di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, Bekasi, kemarin (20/6). Arus kendaraan yang didominasi mobil pri­ba­di itu mengular sepanjang 10 kilometer. Ribuan kenda­raan terjebak antrean panjang di ruas Cikarang Utama.

Banyak kendaraan terpaksa hanya bisa berjalan merayap dengan kecepatan 20 kilometer per jam. Selain karena tinggi­nya jumlah ken­daraan, antrean juga di­se­babkan penyempitan jalur di exit tol.

Penyebab antrean panjang ini akibat loket transaksi pintu keluar tol yang semula tiga lalur, menjadi dua lajur. Se­jum­lah petugas tim urai bah­kan terus berupaya meme­cah kemacetan agar tidak terus memanjang.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengata­kan, pada GT Cikarang Utama peningkatan volume ken­daraan mulai terlihat. Ter­ca­tat, sebanyak 140 ribu ken­­daraan telah melintas.
”Terpantau kendaraan d­ari arah Cikampek menuju Ja­kar­ta sudah memadati ruas tol,” jelasnya.

Yusuf menjelaskan, pihaknya juga telah memberlakukan contraflow di kilometer 65–29 serta sistem one way bagi kendaraan yang berasal dari Cikampek hingga ke arah Cawang, Jakarta Timur. ”Kedua sistem ini diberlaku­kan untuk mengurai kepadatan arus balik,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah mengantisipasi jika ter­jadi kepadatan ken­da­raan berkelanjutan, yaitu re­­ka­yasa satu, keluar Tol Cika­rang Pusat masuk ke jalur Pan­tura arah Jakarta. Selan­jutnya, rekayasa dua, keluar Tol Cibatu masuk ke Pantura arah Jakarta. Dan rekayasa tiga, keluar Tol Ci­karang Badat menuju Kali Mal­ang hingga Bekasi Timur. Antisipasi lainnya, contraflow Tol Cikarut-KM 22 Mustika Jaya Tambun. Dan rekayasa kelima, yakni pem­bayaran tol gratis,” tandasnya.(cr2/c)