25 radar bogor

Belajar Bikin Ketupat Bersama Sahabat

RESVIA AFRILENE/JAWA POS TIDAK MUDIK: Michilia Mefi (kiri) belajar membuat selongsong ketupat bersama sahabat-sahabatnya.
RESVIA AFRILENE/JAWA POS
TIDAK MUDIK: Michilia Mefi (kiri) belajar membuat selongsong ketupat bersama sahabat-sahabatnya.

RADAR BOGOR, Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi libur Lebaran. Bagi mereka yang merayakan Hari Raya Idul Fitri, jadwal berkeliling bersama keluarga saat mudik sudah pasti padat. Bagi yang memilih untuk menghabiskan waktu di dalam kota saja, belajar bikin ketupat bisa jadi alternatif.

Itu dilakukan Samantha Eve Young dan sahabatnya untuk menghibur Michilia Mefi yang tidak pulang kampung. Samantha mengajak serta Angelia Soe, Elizabeth Njoo May Fen, Jenny Kosasih, dan putrinya, Michelle Aldorino. Mereka memasak ketupat dan hidangan peleng­kap lain secara bersama-sama Jumat (15/6). Misalnya, opor ayam, sambal goreng kentang, dan lodeh labu siam.

Mereka kompak mengenakan baju putih sebagai dress code untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Meski hanya Michilia yang merayakan Lebaran, sahabat-sahabatnya ingin ikut dalam kegembiraan hari nan fitri tersebut.

’’Aku punya baby kecil, jadi belum bisa diajak mudik jauh. Eh, mereka inisi­atif bikin kayak begini buat hibur aku,’’ tutur Michilia.

Menurut dia, dengan makan ketupat, vibe Lebaran bersama keluarga selalu terasa. Sahabat Michilia pun ikut belajar me­nganyam janur ketupat bersa­manya. Samantha yang dikenal jago masak dan putri­nya mem­berikan aba-aba untuk setiap gerakan kawan-kawannya saat me­nganyam janur ketupat.

’’Sudah disilang-silang semua? Lalu, masukkan ke sela-selanya ya, up and down, berulang-ulang sampai nutup,’’ katanya mengomando.

Mereka berusahan menye­lesaikan kantong-kantong ketupat itu dengan susah payah. Malah, Michilia yang paling kesulitan. ’’Ini sampai ganti Natal juga nggak jadi aku,’’ teriaknya yang membuat se­mua tergelak.

Meski tak bisa berkumpul dengan keluarga besar, Michilia merasa gembira. Sebab, dia bisa bercengkerama dengan saha­bat-sahabatnya di hari Lebaran.(via/c16/tia)