25 radar bogor

Mulai Beroperasi Agustus

DIKEBUT: LRT Jabodetabek ditargetkan beroperasi pada Agustus 2018.
DIKEBUT: LRT Jabodetabek ditargetkan beroperasi pada Agustus 2018.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno menargetkan angkutan light rapid transit (LRT) Jakarta-Cibubur bisa beroperasi penuh pada Agustus 2018 menjelang digelar­­nya kompetisi olahraga internasional Asian Games yang akan digelar di bulan yang sama di Jakarta dan Palem­bang, Sumatera Selatan.

Sandiaga menyebutkan sebanyak 3.500 tenaga kerja dan green team yang merupakan tim internasional dari negara seperti Korea Selatan, India dan dipimpin tenaga kerja Indo­nesia, telah terlibat terus mengerjakan dan memastikan LRT bisa dioperasikan. Karena itu, ia mengapresiasi pengerjaan LRT selama 20 bulan terakhir yang luar biasa.

”Insya Allah satu pekan setelah Lebaran 1439 H, tim akan melakukan sertifikasi. Setelah itu, uji coba bisa dilakukan yaitu dengan mengangkut penumpang selama Juni hingga Juli dan pada Agustus 2018 bisa full dioperasikan menyambut Asian Games,” katanya.

Selama uji coba, dia menambahkan, LRT akan terintegrasi dengan trans­portasi massal lainnya yaitu Trans­jakarta di Velodrome dan Pulomas. Dengan beroperasinya LRT, ia berharap angkutan massal ini bisa menjadi pemicu transportasi berbasis rel yang akan menjadi fitur DKI Jakarta.

Pada akhirnya, kata dia, LRT bisa mereduksi titik kemacetan di Jakarta karena masyarakatnya berpindah ke angkutan umum dan tidak menggu­nakan kendaraan pribadi. Karena itu, pihaknya terus mendorong masyarakat memiliki antusiasme terhadap fasilitas infrastruktur publik kelas dunia.

Karena Indonesia bisa maju dengan memiliki infrastruktur seperti yang ada di negara-negara maju seperti Eropa. ”Ini yang menjadi kebanggaan bagi kita bahwa kita tidak kalah. Kita bisa menghadirkan infrastruktur yang bisa bersaing,” bebernya.(rep)