Beranda Bogor Raya

Macet hingga Jalan Kampung

PADAT:
Antrean panjang kendaraan bermotor terlihat di Jalan Raya Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, beberapa hari setelah perayaan Idul Fitri.

SUKAMAKMUR–RADAR BOGOR, Peman­­­dangan tak biasa terjadi di Jalan Raya Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Sejak Minggu hingga kemarin (17-19/6), jalanan penuh lubang itu berubah menjadi lautan kendaraan. Jalan utama selebar 4 meter tersebut bahkan disesaki kendaraan roda dua. Mereka merupakan warga yang akan menghabiskan masa libur Hari Raya Idul Fitri-nya di tempat-tempat wisata Sukamakmur.

”Iya, mau ke Vila Kayangan. Ini macet parah. Tahun lalu tidak separah ini,” ujar Indri (32) warga Desa Sanja, Keca­matan Citeureup, saat ditemui Radar Bogor di tengah-tengah kemacetan, kemarin (19/6).

Kemacetan bahkan menjalar hingga ke jalan-jalan kampung. Seperti di Jalan Cibadak, Jalan Sukamanah, Jalan Wargajaya hingga Jalan Sukawangi.
”Ini mau ke pasar saja kejebak macet. Kendaraan dari bawah banyak banget pada naik ke sini,” ujar Asep Nurzaman (34) warga RT01/02, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, kepada Radar Bogor.

Sementara itu, data yang dihimpun Radar Bogor, kendaraan yang memasuki Jalan Raya Sukamakmur mencapai 7 ribu kendaraan per hari selama tiga hari libur Lebaran ini. Angka tersebut didapat dari jumlah pengunjung lokasi wisata yang ada di Kecamatan Sukamakmur. ”Semua lokasi wisata penuh,” ujar Kades Sukawangi Endro Hermawanto.

Hal ini pun membuat Polsek Sukamakmur bersama polmas dan pemuda Sukamakmur kewalahan mengatur arus lalu lintas. ”Dari arah Jonggol ke lokasi wisata Sukamakmur padat. Terjadi kemacetan di beberapa titik yang didominasi kendaraan pribadi dan sepeda motor,” ujar Kapolsek Sukamak­­mur Iptu Hendra kepada Radar Bogor.

Kemacetan, lanjutnya, salah satunya dipicu akibat banyak kendaraan yang mogok. ”Untuk jalur arus mudik dari Cianjur menuju Sukamakmur terpantau ramai lancar,” tukasnya.(all/c)

Baca Juga