25 radar bogor

Kebut Izin Operasi Tol Bocimi

ILUSTRASI
ILUSTRASI

CIGOMBONG–RADAR BOGOR, Berfungsinya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I pada ruas Ciawi–Cigombong, memang menjadi magnet baru bagi masyarakat. Selain digunakan untuk arus mudik, juga dimanfaatkan masyarakat yang hanya sekadar ingin mencoba tol sepanjang 15 kilometer tersebut.

PT Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana memastikan kesiapan infrastruktur Tol Bocimi sudah hampir terpenuhi. Meskipun belum ada izin pengoperasian tol dengan masa pemeliharaan sepanjang 1.095 hari setelah diresmikan nanti.

”Kesiapan infrastruktur itu memang tugas dari Waskita. Tapi, selain itu juga ada pengaturan arus lalu lintas oleh kepolisian. Namun ada yang lebih penting lagi, yaknis soal perilaku pengendara,” beber Direktur Operasi PT Waskita Karya Bambang Irianto.

Dengan patuhnya para pengendara, kata dia, kesiapan infrastruktur bisa men­jadi sempurna. Di arus mudik ini, Bambang menegaskan agar masyarakat mematuhi rambu-rambu sementara yang tertera di Tol Bocimi. Juga dengan batasan kecepatan yang sudah ditentukan.

Perlu diingat pula, kata dia, Tol Bocimi akan difungsikan pada 24 Juni. Selanjutnya, tol akan ditutup kembali untuk pengerjaan lanjutan. ”Namun secara infrastruktur, Bocimi sudah siap,” tegasnya lagi.

Malahan, menurut Bambang, tol fungsional Bocimi ini sudah beroperasi. ”Kalau tol operasi itu adalah tol yang sudah jadi dan berbayar, sementara ini sudah jadi namun belum berbayar. Ada juga yang belum jadi dan belum berbayar, itu fungsional. Hanya saja, kami belum mendapatkan izin layak operasi,” ungkapnya.(dka/c)