25 radar bogor

Arus Balik di Terminal Cibinong Sepi

Sofyansyah/Radar Bogor LENGANG: Kondisi Terminal Cibinong yang hanya sebagai lintasan tak terlihat sibuk melayani penumpang saat arus mudik maupun balik, kemarin.
Sofyansyah/Radar Bogor
LENGANG: Kondisi Terminal Cibinong yang hanya sebagai lintasan tak terlihat sibuk melayani penumpang saat arus mudik maupun balik, kemarin.

CIBINONG–RADAR BOGOR, Puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pekan ini. Berbeda dengan terminal lain yang sudah mulai sibuk, Terminal Cibinong hingga kini masih lengang. Tidak ada kesibukan berarti, pasalnya jalur tersebut hanya menjadi lintasan.

Demikian dikatakan Kepala Terminal Cibinong Irfan Agustinus. Kata dia, bus AKAP tidak berhenti di Terminal Cibinong, hanya melintas tanpa menaik-turunkan penumpang. Jika arus balik, hanya bus menurunkan penumpang di titik-titik jalan yang dikehen­daki pemudik, itu pun biasanya pagi hari, tidak terfokus di satu tempat. Hal itulah yang menyebabkan terminal masih sepi.

”Kondisinya memang seperti itu, karena yang masuk teritorial kan hanya AKDP-nya. Jadi kalau arus balik tidak bisa terpantau,” urainya.

Irfan menjelaskan, kondisi Terminal Cibinong untuk arus balik kini cenderung sepi sama seperti hari biasa. Terlebih, luasan Terminal Cibinong minim, tidak seperti terminal lainnya yang bisa dijadikan lokasi ngetem bus AKAP. ”Terminal Cibinong hanya angkot dan AKDP. Kalau bus AKAP tidak bisa, hanya melintas,” urainya.

Dengan demikian, kata Irfan, tidak ada persiapan khusus pihaknya menyambut arus mudik mau­pun arus balik, hanya persiapan lingkup internal. ”Arus balik kan turunnya satu-satu, enggak satu tujuan ke Terminal Cibinong,” bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk arus mudik pihaknya bisa memantau melalui agen-agen yang mengambil penum­pang di wilayah Terminal Cibinong. ”Arus mudik lu­mayan banyak,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Ang­kutan dan Terminal Dishub Ka­bupaten Bogor Dudi Rukhmayadi menerangkan, di wilayah Kabupaten Bogor, hanya Terminal Cibinong yang kerap dijadikan lokasi perlin­tasan bus AKAP saat arus mu­dik maupun arus balik. ”Ter­minal Cibinong itu hanya lintasan saja, tidak ada penum­pukan-pe­num­pukan penum­pang,” tandasnya.(wil/c)