25 radar bogor

Arigato, osako-san!

PAHLAWAN: Selebrasi penyerang Jepang, Yuyo Osako usai mencetak gol melalui sundulan ke gawang Kolombia yang dijaga David Ospina, kemarin.
PAHLAWAN: Selebrasi penyerang Jepang, Yuyo Osako usai mencetak gol melalui sundulan ke gawang Kolombia yang dijaga David Ospina, kemarin.

SARANSK–RADAR BOGOR, Jepang membuat kejutan dengan menundukkan Kolombia di laga perdana Grup H Piala Dunia 2018. Diuntungkan keunggulan jumlah pemain, Samurai Biru menang 2-1.

Bermain di Mordovia Arena, Jepang tampil penuh percaya diri. Mereka menjadi tim Asia kedua yang berhasil meraih kemenangan di Piala Dunia 2018 ini setelah sebelumnya Iran mengalahkan Maroko 1-0 di Grup B.

Pada laga yang dihelat di Mordovia Arena ini, permainan berjalan dengan tempo cepat dan sejak awal sudah terjadi drama. Menit ketiga Kolombia sudah harus bermain dengan 10 pemain karena kartu merah yang diterima Carlos Sanchez, yang juga berujung penalti.

Jepang sempat unggul lebih dulu lewat eksekusi Shinji Kagawa. Tapi, Kolombia tak kendur dan terus memperlihatkan performa efektif nan agresif. Hingga akhirnya Juan Quintero menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas di menit ke-38.

Laga langsung berjalan dengan tempo cepat sejak peluit pertama dibunyikan. Ketika Kolombia sedang mencoba membangun sebuah kesalahan besar dibuat di lini belakang.

Davinson Sanchez salah kontrol dan bola berhasil direbut Yuya Osako. Tembakan sang striker berhasil ditepis David Ospina. Bola pantul mengarah ke Shinji Kagawa yang langsung membuat tembakan kembali.

Tembakan tersebut diblok dengan tangan Carlos Sanchez dan wasit tanpa ampun menunjuk titik putih. Tak berhenti di sana, Sanchez langsung mendapat kartu merah karena dianggap sengaja menghalau dengan tangan. Ini adalah kartu merah pertama di Piala Dunia 2018.

Kagawa menjadi eksekutor dan dengan sempurna menempatkan bola ke kiri bawah gawang Ospina pada menit ketiga. Jepang unggul cepat 1-0.

Pada menit ke-30, Kolombia akhir­nya mencoba mencari keseimbangan. Juan Cuadrado dikorbankan dan digantikan oleh gelandang jangkar Wilmar Barrios.

Upaya Kolombia berbuah hasil pada menit ke-38. Adalah Juan Quintero yang mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas akurat mendatarnya. Sepakan sang pemain membuat Kawashima terkejut dan telat dalam mengan­tisipasi. Babak pertama berakhir 1-1.

Pada menit ke-58, Kolombia akhirnya memastukkan James Rodriguez untuk menaikkan tempo dan penyerangan mereka.

Meski begitu, Jepang masih mendominasi hingga menit ke-70. Mereka beberapa kali membuat percobaan tapi, tak satu pun menambah gol mereka. Tembakan para pemainnya kerap melebar atau melambung.

Kolombia benar-benar kesulitan dalam membangun serangan. Masuknya Rodriguez disusul Carlos Bacca tak banyak membantu permainan mereka, karena menembus daerah Jepang saja sulit.

Serangan bertubi-tubi Jepang akhirnya menghasilkan. Berawal dari tendangan sudut Keisuke Honda yang baru dimasukkan empat menit, Osako membuat tandukan akurat ke samping gawang pada menit ke-73 yang menembus gawang Kolombia. Skor 2-1 berakhir hingga pertandingan selesai.(rur/dc)