Beranda Olahraga

Andalkan Duet Suarez-Cavani, Uruguay Sudahi Perlawanan Arab Saudi

KETAT; Striker Uruguay Edinson Cavani bersuaha lepas dari kawalan dua bek Arab Saudi (Reuters)

ROSTOV-RADAR BOGOR,Luis Suarez langsung menggebrak sejak awal di laga melawan Arab Saudi yang berlangsung di Rostov Arena, Rabu (20/6) hari ini. Gol penyerang Barcelona tersebut membawa Uruguay untuk sementara unggul dengan skor 1-0.

Pemain berjuluk El Pistolero itu langsung memberikan ancaman ke pertahanan Arab Saudi pada menit ketiga. Namun usahanya digagalkan Osama Hawsawi. Arab Saudi berbalik menekan Uruguay hingga menit kesepuluh.

Walaupun berhasil menyulitkan pertahanan La Celeste-julukan Uruguay, para pemain Arab Saudi sangat kesulitan untuk mencetak gol. Tak hanya akurasi tembakan yang buruk, mereka juga kurang tenang di kotak penalti lawan.

Suarez membawa Uruguay memimpin atas Arab Saudi melalui golnya pada menit ke-23. Memanfaatkan umpan Carlos Sanchez dari sepak pojok, sontekan Suarez meluncur dengan mulus ke gawang Arab Saudi.

Kesempatan untuk Arab Saudi diperoleh Hatan Bahebri pada menit ke-29. Hanya saja sontekan Hatan melenceng jauh dari sasaran. Arab Saudi memang menguasai jalannya pertandingan hingga menit ke-35. Tetapi mereka sangat kesulitan mencetak gol.

Tak ada yang berubah ketika babak pertama mulai memasuki menit-menit akhir. Kendali permainan masih di kaki Arab Saudi. Uruguay hanya sesekali menekan lewat serangan balik. Skor 1-0 untuk keunggulan Uruguay bertahan hingga jeda.

Reuters

Arab Saudi langsung mengambil inisiatif untuk menyerang di awal babak kedua. The Green Falcons berpeluang mengancam Uruguay dari situasi set piece, namun sepak pojok mereka berhasil dihalau lini belakang Uruguay yang dikawal Diego Godin.

Al Muwallad berlari meninggalkan empat bek sejajar Uruguay untuk mengejar umpan terobosan rekan setimnya. Sayang, ia sudah berada dalam posisi off side. Di menit-50 Suarez mengais peluang dari tendangan bebas, namun bola hasil sepakan mantan pemain Liverpool itu membentur pagar hidup Arab Saudi sebelum dapat ditepis oleh Al Owais.

Rodriguez yang kurang memberi tekanan di sisi kiri Uruguay langsung ditarik keluar oleh Tabarez. Ia digantikan Diego Laxalt. Laxalt menciptakan peluang untuk Uruguay semenit setalah masuk. Pemain Genoa itu berlari ke mulut gawang untuk meneruskan umpan silang dari Sanchez. Serangan kedua tim terus mengalir hingga 30 menit sebelum laga usai. Hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-0 tetap bertahan.

Luis Suarez sendiri dalam match kali ini mengukir penampilan ke-100 bersama Uruguay dan menjadi pemain keenam yang mencapai raihan tersebut.

(ysp/goa/JPG)

Baca Juga