Beranda Olahraga

VAR jadi Juru Adil

BERBAGI
KETAT: Penyerang Swedia, Marcus Berg berduel dengan gelandang Korea Selatan, Lee Jae-sung di Stadion Nizhny Novgorod, tadi malam.

Nizhny Novgorod – RADAR BOGOR, Swedia memetik kemenangan 1-0 atas Korea Selatan dalam laga Grup F Piala Dunia 2018. Andreas Granqvist mencetak gol tunggal lewat titik penalti yang diberikan menyusul penggunaan teknologi video assistant referee (VAR). Swedia berhadapan dengan Korea Selatan dalam laga Grup F Piala Dunia 2018. Kedua tim masih berim­bang tanpa gol di babak pertama.

Bermain di Nizhny Novgorod Stadium, Senin (18/6) malam WIB, Korsel lebih dulu memberi ancaman ke jantung pertahanan Swedia. Son Heung-min mengirim umpan lewat tendangan bebas, namun bola berhasil dibuang ke luar lapangan.

Peluang Swedia untuk men­curi gol lebih dulu tercipta di menit ke-18. Andreas Granqvist berhadapan satu lawan satu dengan kiper dan berpeluang menembak bola dari jarak dekat. Namun, Young Gwon-kim beraksi cepat untuk membuang bola dengan tekelnya.

Ancaman kembali diberikan Swedia selang dua menit kemudian. Marcus Berg mendapat bola di dalam kotak penalti dan tinggal berhadap-hadapan dengan Cho Hyun-woo, namun bola hasil sepakannya mengenai kaki sang kiper.

Korsel harus berusaha keras dalam bertahan sejauh ini. Tim besutan Shin Tae-yong dibuat kepayahan pada menit ke-29 lewat sebuah umpan silang yang jatuh ke kaki Berg. Tampak gol akan terjadi, namun Koo Ja-cheol bereaksi de­ngan sangat baik untuk memblok bola.

Sementara itu, Swedia masih kerap membuat ancaman di lima menit waktu normal tersisa. Lagi-lagi, barisan pertaha­nan Korsel sangat sigap untuk memotong bola dengan tekel sebelum pemain lawan melepaskan tembakan.

Jelang turun minum Swedia kembali mengancam pertahanan Korsel. Viktor Claesson melepaskan tandukan usai menyambar umpan silang dari sisi kanan, namun bola masih sedikit melambung di atas gawang. Hingga babak pertama usai belum ada gol yang bisa diciptakan kedua tim.

Korsel menekan duluan di awal babak kedua. Sebuah umpan silang diarahkan ke dalam kotak penalti Swedia, bola mampu diatasi oleh kiper Robin Olsen.

Swedia baru berhasil memecah kebun­tuan di menit ke-65. Wasit Joel Aguilar menunjuk titik penalti untuk Swedia setelah menyatakan Kim Min-woo melanggar Viktor Claesson berdasarkan hasil VAR. Granqvist maju sebagai eksekutor. Bek sekaligus kapten tim Swedia itu berhasil menjalankan tugas dengan baik setelah arah bola sepakannya gagal terbaca oleh kiper Korsel. 1-0 Swedia memimpin.

Korsel mulai mencoba meningkatkan intensitas serangan. Si pelatih bahkan sampai memasukkan pemain 20 tahun jebolan tim junior Barcelona, Lee Seung-woo.

Swedia lebih banyak berta­han di 10 menit akhir pertan­di­ngan, sementara Korsel kesu­litan mencip­takan peluang. Tim berju­lukan Tae­geuk War­­riors itu pun tak bisa mencip­takan gol balasan. Laga pun tuntas de­ngan skor 1-0 untuk keme­nangan Swedia.(rur/dc)

Komentar Anda

Baca Juga