25 radar bogor

Tiap Tahun Himpun Zakat Rp6 Miliar

ZAKAT: Petugas zakat fitrah tengah memberikan penjelasan kepada dua warga yang hendak membayar zakatnya.
ZAKAT: Petugas zakat fitrah tengah memberikan penjelasan kepada dua warga yang hendak membayar zakatnya.

CIBINONG–RADAR BOGOR, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bogor telah menerima zakat fitrah dari kalangan ASN Pem­­­kab Bogor, SKPD, dan BUMD sebanyak Rp150 juta. Zakat fitrah ini pun sudah disalurkan kepada 200 petugas kebersihan non-PNS.

Menurut Humas Baznas Ka­bu­paten Bogor, Nawi, pene­ri­maan zakat fitrah ini berakhir hingga Kamis (14/6).

“Baznas juga masih mene­ri­ma setoran UPZ Kecamatan, tapi bukan fitrah, mereka setoran zakat pro­­fesi dan sedekah,” katanya.

Menurut dia, pihaknya tidak mengelola zakat fitrah seca­ra keseluruhan, namun di­kem­balikan ke masing-masing UPZ. “Baznas hanya memin­ta laporannya saja. Karena ti­dak mengelola, maka untuk zakat fitrah tidak ditarget,” bebernya.

Hanya saja, batas waktu penyaluran zakat fitrah sangat terbatas. Di Kabupaten Bogor, kata dia, terdapat 500 UPZ yang mengelola zakat fitrah. “Ka­bupaten Bogor jumlahnya banyak, 40 kecamatan kurang lebih 5 juta jiwa. Kalau hitungan semua bayar zakat fitrah sebesar Rp35 ribu sesuai kesepakatan MUI, Kemenag, Baznas bisa terhitung berapa zakat fitrah yang terkumpul,” tuturnya.

Namun, nominal zakat fitrah tergantung beras yang di­konsumsi penyalur, yakni 2,5 kilogram beras yang biasa dikonsumsi. “Kalau 500 UPZ tersebar di kecamatan, desa, masjid besar, dan zakat fitrah yang terkumpul untuk di­sa­lurkan untuk mustahik di lingkungannya masing-ma­sing,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Bogor, Lesmana menuturkan, sebagai gambaran, potensi penerimaan zakat di Kabupaten Bogor tiap tahunnya sebesar Rp15 miliar. Sekitar 10 persen dari jumlah tersebut adalah zakat, dan sisanya berupa infak dan sedekah.

Sebagai catatan, pada 2017 Baznas Kabupaten Bo­gor telah menghimpun zakat, in­fak, sedekah hingga Rp6,4 mi­liar. Jumlah ini meningkat dari tahun 2016, yakni Rp5,5 miliar. “Zakat tersebut telah disalur­kan ke delapan asnaf,” tan­dasnya.(wil/c)