25 radar bogor

Pemain Timnas Korsel Kecoh Mata-mata Swedia

TERTUTUP: Pemain Korsel saat menjalani sesi latihan sebelum bertanding melawan Swedia.

SAINT PETERSBURG–RADAR BOGOR,Pelatih Timnas Republik Korea, Shin Tae-yong punya cara unik membuat bingung Swedia, sebelum keduanya bentrok dalam matchday 1 Grup F Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Senin (18/6).

Dalam sesi latihan dan pertan­­dingan persahabatan, Shin Tae sengaja mengganti nomor punggung para pemainnya untuk mengan­tisi­­pasi ‘mata-mata’ timnas Swedia.

Selain bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min dan kapten Korea Ki Sung-yueng, pemain lainnya memakai nomor punggung yang se­benarnya bukan punya mereka.

”Kami ingin membingungkan tim Swedia,” ujar Shin Tae seperti dikutip dari Goal. Shin Tae dan jajarannya mendapat kabar, latihan dan laga uji coba mereka dipantau pihak Swedia.

“Saya pikir orang Eropa (Swedia) melihat kami. Kami menukar (nomor) mereka karena kami tidak ingin lawan tahu apa yang kami lakukan. Ki Sung-yueng mungkin dikenal, begitu juga dengan Son Heung-min, tapi untuk pemain lain mungkin sedikit membi­ngung­kan mereka,” kata Shin Tae.

Pelatih berusia 49 tahun itu meyakini orang Eropa masih kesulitan membedakan etnis Asia. So, dengan pergantian nomor kaus selama sesi pelatihan dan pertandingan persahabatan, tim Swedia jadi kebingungan.

Komentar Shin Tae ini muncul setelah seorang anggota staf pelatih Swedia kedapatan berada di sesi pelatihan Korea, sebelum diusir.

Bos Swedia Janne Andersson telah meminta maaf atas insiden itu. “Dia tidak mengerti itu adalah sesi tertutup. Dia diminta untuk pergi dan dia mengamati dari jarak jauh sebagai hasilnya. Kami meminta maaf,” kata Andersson.(ps)