25 radar bogor

Keluarga Lebih Lama Bertemu

WILDA/RADAR BOGOR OPEN HOUSE: Petugas Lapas Kelas IIA Cibinong mendata pengunjung lapas yang akan bertemu dengan warga binaan, kemarin (18/6).
WILDA/RADAR BOGOR
OPEN HOUSE: Petugas Lapas Kelas IIA Cibinong mendata pengunjung lapas yang akan bertemu dengan warga binaan, kemarin (18/6).

CIBINONG–RADAR BOGOR, Suasana haru terlihat di Lapas Kelas IIA Cibinong (Lapas Pondok Rajeg), kemarin (18/6). Selama em­pat hari, sejak 15 Juni hingga 18 Juni pagi hingga pukul 16.00, warga binaan diperkenankan menerima kunjungan dari keluarga.

Kalapas Pondok Rajeg, Agung Krisna mengatakan, selama empat hari pihaknya me­ngadakan open house. “Warga binaan juga difasilitasi untuk dapat bertemu keluarga me­­re­ka. Dengan harapan me­re­ka tetap tertib, menja­ga ke­amanan, kebersihan, dan memastikan tidak ada masa­lah,” tuturnya.

Menurutnya, open house ini tidak berbeda jauh dari hari-hari biasanya. Hanya waktu kunjungan saja yang jauh le­­bih lama. Untuk pe­nga­ma­nan, ka­ta dia, tetap di­la­kukan se­suai protap. Yak­ni, setiap pengun­jung dila­kukan penggeleda­han berikut dengan barang bawaan.

“Kami juga memamerkan hasil karya warga binaan,” ucapnya. Seperti, karya seni yang dikemas dalam ben­tuk hiasan rumah, mulai dari jam dinding, miniatur kapal, ru­mah, robot-robotan, hingga lampu hias.

Salah seorang warga binaan, Toni (37) mengatakan, semua hasil karya tersebut merupa­kan produksi warga binaan Lapas Pondok Rajeg. Ke­ahliannya membuat karya s­e­ni seperti ini diperoleh melalui bentuk proses binaan di dalam lapas.

“Saya dan beberapa warga binaan lainnya baru belajar merakit dan membuat barang-barang ini selama di dalam lapas,” ujarnya.

Toni merasa keahlian yang diperoleh selama di lapas da­pat menjadi bekalnya saat be­bas nanti. Ia bahkan me­ngutara­kan niatnya mem­bu­ka rumah produksi ba­rang-barang bekas dan mema­sarkannya.

“Saya sendiri merasa ber­syu­kur bisa belajar dan dapat membuat barang-barang seperti ini selama di dalam lapas,” tandasnya.(wil/c)