25 radar bogor

Tunisia vs Inggris, Lebih Bebas Lebih Lepas

ilustrasi latihan pemain
ilustrasi latihan pemain
VOLGOGRAD– Piala Dunia 2018 bukan untuk rookie. Ya, peringatan itu yang wajib didengar Inggris. Apalagi setelah melihat Nigeria dan Prancis, dua negara yang rerata usianya termuda di Piala Dunia 2018 bersama Inggris.
Rata-rata usia Harry Kane dkk di 25,5 tahun, sama seperti di balik rerata usia Super Eagles, julukan Nigeria. Prancis 25,6 tahun rata-rata usianya.
Faktanya, baik Nigeria atau Prancis sama-sama gugup di laga pertamanya. Bahkan, anak muda Nigeria langsung ditekuk Kroasia 0-2, kemarin WIB (17/6). Les Bleus, meskipun mampu menang 2-1 atas Australia (16/6), tapi mereka kesusahan mendapatkannya.
Nah, akankah skuad muda The Three Lions juga melanjutkan tren tersebut? Tunisia yang akan jadi penantangnya di Volgograd Arena, Volgograd dini hari nanti WIB (siaran langsung Trans TV pukul 01.00 WIB).
“Fans sudah inginkan mereka jadi wajah timnas, dan mereka ingin melihat anak-anak muda ini lebih menikmati permainannya. Bukannya malah under pressure,’’ sebut Gareth Southgate, tactician Inggris dikutip The Guardian.
Southgate sudah memanen hasil dari anak mudanya. Bersama skuad mudanya Southgate membawa Inggris unbeaten di Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA. Dari skuad yang main di Piala Dunia ini, hampir 70 persennya dia mainkan di kualifikasi.
Dari 23 pemain yang masuk dalam skuad Piala Dunia kali ini, hanya 21,7 persennya pernah mencicipi ajang Piala Dunia.
Gary Cahill, Phil Jones, Jordan Henderson, Raheem Sterling dan Danny Welbeck pernah  main di Piala Dunia 2014. Bahkan, dilansir Mirror, sembilan pemain proyeksi starting eleven di laga nanti juga notebene debutan Piala Dunia. Termasuk Ashley Young pemain tertua Inggris di Piala Dunia kali ini.
Southgate merasa, skuad mudanya sudah nyetel. Apalagi, mereka sudah main bersama di 18 laga dalam dua tahunnya Southgate. ’’Kami sudah mencari sistem permainan yang kami rasa akan cocok dengan anak-anak muda ini. Gaya main itu yang ingin kami tunjukkan lagi,’’ imbuh mantan pelatih Inggris U-21 itu.(ren)