25 radar bogor

RP164 Triliun Untuk Stadion

ilustrasi
ilustrasi

INI kali pertama Rusia ditunjuk federasi sepak bola dunia, FIFA, sebagai tuan rumah Piala Dunia. Negeri berjuluk Beruang Merah itu pun tidak mau setengah-setengah. Sebelas kota dan 12 stadion disiapkan untuk menjadi panggung perhelatan akbar empat tahunan tersebut.

Kota-kota tuan rumah itu membentang dari ujung barat hingga sisi timur Rusia. Dimulai dari Kaliningrad, Moskow, St Petersburg, Nizhny Novgorod, Kazan, Samara, Volgograd, Saransk, Rostov-on-Don, Sochi, sampai yang paling timur adalah Yekaterinburg.

Selain Moskow yang menyiapkan dua stadion, sepuluh kota lain memiliki satu stadion untuk menggelar Piala Dunia 2018.

Media Inggris The Guardian melaporkan, untuk mempercantik dan membangun stadion-sstadion baru itu, pemerintah Rusia menggelontorkan dana USD 11,8 miliar atau sekitar Rp164,87 triliun.

Hanya tiga di antara 12 stadion tersebut yang tidak baru. Stadion lama, tapi direnovasi. Yakni, Luzhniki Stadium (Moskow), Fisht Olympic Stadium (Sochi), dan Yekaterinburg Arena (Yekaterinburg).

Sementara itu, delapan stadion lainnya benar-benar baru. Yakni, Otkritie Arena (Moskow), Krestovsky Stadium (St Petersburg), Kazan Arena (Kazan), Volgograd Arena (Volgograd), Kaliningrad

Stadium (Kaliningrad), Mordovia Arena (Saransk), Nizhny Novgorod Stadium (Nizhny Novgorod), Rostov Arena (Rostov-on-Don), dan Cosmos Arena/Samara Arena (Samara). Persiapan Rusia sangat matang.

Meski, menurut kantor berita Reuters, hanya Nizhny Novgorod Stadium yang belum sempurna 100 persen. Untuk menepati deadline, pemerintah lokal meminta bantuan tenaga warga untuk berpartisipasi menyelesaikan pembangunan stadion berkapasitas 45 ribu kursi itu.

”Sayang, untuk finalisasi stadion, kami membutuhkan tenaga ekstra agar rampung sesuai dengan jadwal,” demikian pernyataan tertulis Kementerian Olahraga Nizhny Novgorod.

Sebagai upah tenaga atas tenaga gratis yang disumbangkan warga Nizhny Novgorod, pihak kontraktor memberikan makan tiga kali sehari dan peralatan kerja yang dibutuhkan.

Dari sebelas kota host Piala Dunia 2018, Moskow menjadi favorit untuk dijadikan base camp tim. Selain tuan rumah, sembilan negara memutuskan tinggal di sekitar ibu kota Rusia itu selama perhelatan Piala Dunia.

Mereka adalah Argentina, Belgia, Prancis, Jerman, Iran, Meksiko, Peru, Portugal, dan Tunisia.(dra/c25/ca)