25 radar bogor

Preview Jerman vs Meksiko: Beban Juara Bertahan

MOSKOW-RADAR BOGOR,–Laga pertama Grup F Piala Dunia 2018 menghadirkan partai menarik, Jerman sebagai juara bertahan ditantang kuda hitam dari Amerika Utara, Meksiko. Mampukah Der Panzer meledak sejak awal atau justru El Tri yang bisa mencuri start apik?

Pada edisi Piala Dunia kali ini Jerman masih diperkuat dengan sisa-sisa generasi emas mereka yang terbentuk sejak 2008 dan sukses menjadi kampiun pada 2014 silam. Nama-nama seperti Lukasz Podolski, Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, atau Miroslav Klose memang sudah tidak ada. Namun di skuat saat ini masih bisa ditemukan Mesut Ozil, Manuel Neuer, Thomas Muller, serta Toni Kroos.

Itu bukan berarti armada arahan Joachim Loew melemah karena regenerasi mereka luar biasa hebat. Para penggawa yang telah pensiun kini sudah bisa tenang karena Die Mannschaft masih bisa memanggil Joshua Kimmich, Julian Draxler, Leon Goretzka, juga Timo Werner. Talenta yang mengilap di Premier League 2017/2018 lalu seperti Leroy Sane saja sampai kesulitan mendapatkan tempat.

Tidak heran jika kini Jerman masih berada dalam pot kandidat kuat juara. Memang sesi uji coba mereka masih memperlihatkan sejumlah kekurangan namun tren mereka sejak Piala Eropa 2008 yang tidak pernah gagal menembus semifinal jangan diragukan lagi.

Penyerang Jerman,Thomas Muller mengusung misi untuk mencetak rekor di Piala Dunia 2018. Dia ingin membawa Der Panzer kembali menjadi juara.

”Tentu saja, ini situasi yang baru buat kami sebagai juara bertahan. Namun, sebuah motivasi yang spesial untuk mempertahankan gelar juara,” ujar Muller.

Sementara itu, Meksiko seperti biasa, masih dianggap sebagai penantang yang berpotensi mengejutkan. Tim Sombrero yang kini ditangani pelatih Juan Carlos Osorio itu punya peluang yang cukup besar lolos sampai ke fase knock-out mendampingi Jerman apabila bisa mengatasi penghuni Grup F lain yakni Swedia dan Korea Selatan.

Mantan kiper Timnas Meksiko, Oswaldo Sanchez meyakini negaranya bisa menimbulkan masalah untuk Jerman. Menurutnya, permainan cepat Meksiko bisa membuat Jerman kerepotan.

”Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa Jerman lebih besar dan tinggi daripada skuat Meksiko, tetapi ini bukan basket, ini sepak bola,” tegas Sanchez di fourfourtwo.
”Jadi cara untuk menantang mereka adalah dengan bergerak cepat dan memainkan bola dengan sangat baik,” tutupnya.(rur)