25 radar bogor

Preview Brazil vs Swiss: Menunggu Taji Neymar

ROSTOV–RADAR BOGOR,Pertandingan Grup E Piala Dunia 2018 antara Brasil vs Swiss akan dilangsungkan di Rostov Arena, Rusia, pada Senin (18/6/2018) dan akan disiarkan Trans TV mulai pukul 01.00 WIB dini hari. Rekor pertemuan Brasil dan Swiss ternyata berimbang meskipun dalam hal prestasi tim Samba tentu saja lebih unggul.

Brasil dan Swiss pertama kali berjumpa di Piala Dunia 1950. Saat itu, Brasil bertindak sebagai tuan rumah namun gagal meraih kemenangan dan hanya meraih hasil imbang 2-2.

Saling berbalas gol tercipta dalam pertandingan yang digelar di Stadion Municipal Paulo Machado de Carvalho, Sao Paulo, tersebut. Brasil dua kali memimpin lewat gol Alfredo Ramos dan Baltazar, namun selalu bisa dibalas oleh Swiss berkat dua gol Jacques Fatton.

Perjumpaan berikutnya terjadi dalam dua laga persahabatan. Yang pertama dihelat di Bassel pada 16 November 2006 yang mampu dimenangkan oleh Brasil dengan skor tipis 1-2.

Namun, 15 Agustus 2013 di tempat yang sama, Swiss yang berhasil memenangkan laga dengan skor 1-0 karena gol bunuh diri yang dilakukan Dani Alves.

Nah, di Rusia nanti, kedua tim bakal bertemu lagi dalam ajang Piala Dunia 2018. Dari sisi catatan prestasi dan komposisi pemain, tim Samba relatif lebih diunggulkan ketimbang Swiss.

Skuad asuhan Tete saat ini memiliki jajaran pemain top macam Marcelo (Real Madrid), David Luis (Chelsea), Thiago Silva (PSG), Fernandinho (Manchester City), Marquinhos (PSG), Casemiro (Real Madrid), Paulinho (Barcelona), Roberto Firmino (Liverpool), Philipe Coutinho (Barcelona), Gabriel Jesus (Manchester City), dan tentu saja sang megabintang Neymar (PSG).

Di sisi lain, Swiss yang dibesut oleh Vladimir Petkovic sebenarnya juga diperkuat sejumlah pemain berkualitas seperti Roman Buerki (Borussia Dortmund), Stephan Lichtsteiner (Juventus), Ricardo Rodriguez (AC Milan), Valon Behrami (Udinese), juga Blerim Dzemaili (Bologna), Xherdan Shaqiri (Stoke City), serta Granit Xhaka (Arsenal).

Patut dinanti, apakah kali ini Brasil mampu mengalahkan Swiss untuk membalas kekalahan pada 2013 lalu. Atau malah Swiss yang bakal tampil mengejutkan dengan menahan imbang Brasil, bahkan justru bisa meraih kemenangan di Rusia nanti.(rur/net)