25 radar bogor

Lebaran Pertama di Bogor

FOTO:MIFTAHULHAYAT/JAWA POS SAPA WARGA: Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin (kiri) bersalaman dengan warga sebelum Salat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor, Jumat (15/6). Presiden Joko Widodo menunaikan Salat Idul Fitri berjamaah bersama masyarakat yang tinggal di Kota Bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR, Hari Raya Idul Fitri sudah tiba, suara takbir telah menggema di penjuru negeri. Momen satu tahun sekali pertanda berakhirnya bulan yang suci. Masyarakat merayakannya dengan silaturahmi dan mengunjungi sanak saudara. Tak terkecuali Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pria asal Surakarta ini secara khusus, di tahun ini, merayakan Lebaran bersama ribuan masyarakat Bogor di Lapangan Astrid, Kompleks Kebun Raya Bogor (KRB), kemarin (15/6).

Pada kesempatan itu, Jokowi mengucapkan pesan khusus kepada warga. ”Dengan kembali menjadi fitri, semoga kita semakin mempererat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa serta semakin berguna untuk membangun negara ini,” ujarnya.

Meski sudah beberapa tahun tinggal di Bogor, ini merupakan Lebaran pertama Jokowi di Bogor. Sebelumnya, presiden selalu berlebaran dengan warga di luar daerah. Pengamatan wartawan koran ini, Presiden Jokowi tiba di lokasi salat Id pukul 06.39 WIB, dengan berjalan kaki.

Di sisi kanannya, mengikuti sang menantu, Bobby Nasution. Sementara, Ibu Negara Iriana beserta sang putri Kahiyang Ayu yang tengah mengandung menaiki golf car, berjalan pelan di belakang Jokowi.

Jokowi tampak mengenakan kemeja putih dilapis jas kemudian sarung merah. Sementara, Iriana dan Kahiyang kompak mengenakan blus putih dipadu kerudung serta kain batik pada bagian bawahnya.

Sesampainya di barisan salat, Jokowi dan Bobby langsung menempati saf depan. Sementara, Ibu Negara dan Kahiyang menuju ke barisan terdepan jemaah perempuan. Salat Id dimulai tepat pukul 06.45 WIB.

FOTO:MIFTAHULHAYAT/JAWA POS
SAPA WARGA: Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin (kiri) bersalaman dengan warga sebelum Salat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor, Jumat (15/6). Presiden Joko Widodo menunaikan Salat Idul Fitri berjamaah bersama masyarakat yang tinggal di Kota Bogor.

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Prof, Didin Saefuddin Buchori bertindak sebagai imam dan khatib. Sementara bertindak sebagai muazin adalah Kiki Herdiansyah.

Sejumlah menteri tampak ikut salat, antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sosial Idrus Marham dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.(cr4)