25 radar bogor

Bunuh Diri Menit 95 Beri Kemenangan Pertama Iran Sejak 1998

Momen saat pemain Maroko melakukan aksi bunuh diri ke gawang sendiri.
Momen saat pemain Maroko melakukan aksi bunuh diri ke gawang sendiri.

RADAR BOGOR-Iran mencatat kemenangan pertama mereka di Piala Dunia sejak 1998 dengan cara superdramatis. Menang 1-0, berkat gol bunuh diri lawan di menit 90+5.

Dalam matchday 1 Grup B Piala Dunia 2018 di Saint Petersburg, Jumat (15/6) malam, Iran mengalahkan Maroko 1-0 setelah pemain lawan, Aziz Bouhaddouz.

Pada laga tersebut, Iran memang tampil lebih bertahan ketimbang Maroko. Namun, urusan shots (on goal), tim asuhan Carlos Queiroz tak kalah banyak ketimbang Maroko.

Statistik ESPN mencatat, Iran membukukan sembilan shots, dua di antaranya on goal. Sedangkan Maroko dengan 13 shots, tiga di antaranya on goal.

Setelah jual beli serangan dengan ketat, tensi laga Maroko vs Iran menjadi panas di masa injury tim. Pelatih dan staf kedua tim di bangku cadangan juga sempat cekcok.

Petaka terjadi buat Maroko di menit ke 90+5 dari enam menit tambahan waktu. Tendangan bebas Iran yang diambil Haji Safi disundul masuk pemain Maroko, Bouhaddouz. Skor 1-0 untuk Team Melli, julukan skuat Iran, bertahan hingga laga usai.

Ini adalah kemenangan pertama Iran sejak PD 1998, saat mengalahkan Amerika Serikat 2-1 di penyisihan grup.

OptaJoe juga mencatat, Bouhaddouz menjadi pemain pengganti pertama yang mencetak gol bunuh diri dalam laga Piala Dunia sejak Petit (Portugal) di Piala Dunia 2006. (ysp)