Beranda Bogor Raya

Sehari Jelang Lebaran Puncak Sepi

BERBAGI
LENGANG: Simpang Gadog terlihat sepi dari kendaraan. (dok.Radar Bogor)

CISARUA–RADAR BOGOR.Larangan melintas bagi truk dan bus masuk ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, berdampak signifikan. Kemarin (13/6) atau sehari jelang Lebaran, arus lalulintas di kawasan Puncak, Bogor terlihat ramai lancar.

Pantauan Radar Bogor,sejak pagi hingga malam hari, arus lalu lintas masih terbilang ramai lancar. Kepadatan hanya terjadi di beberapa titik dan dalam waktu yang singkat. Tepatnya di kawasan Pasar Cisarua, dan simpang Megamendung.

Pun sama halnya di Jalur Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Jalan arteri terlihat lengang, maupun jalan lewat jalur tol. Dari data yang diperoleh dari Jasa Marga, sejak H-3 lebaran, kendaraan yang keluar dari gerbang tol Ciawi mencapai 29.802 unit. Sedangkan hari berikutnya, atau tepat di H-2, jumlahnya justru menurun menjadi 23.980. Sedangkan tahun lalu, 28.434 kendaraan hilirmudik ke arah Puncak dan Sukabumi pada H-2.

” Kami prediksi justru di hari H (hari ini, red) karena banyak orang yang mungkin ingin berwisata ke arah Puncak,” kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama kepada Radar Bogor.

Begitupun dengan kunjungan wisata. Sejak H-2, jumlah wisatawan menuju puncak menurun. Di Taman Wisata matahari, sejak H-2 pengunjung hanya mencapai 735 orang. Meski begitu, pihaknya tetap melakukan antisipasi lonjakan kendaraan, salah satunya dengan melakukan contra flow kendaraan di gerbang Tol Ciawi. Hasby meyakini, kawasan Puncak masih menjadi destinasi liburan masyarakat.

” Saat hari raya di siang harinya itu diprediksi bakal ada lonjakan jumlah kendaraan. Kita lihat juga di gerbang tol apakah padat sekali atau tidak, bisa kita lakukan contra flow,” tegasnya.
(dka/c)

Baca Juga