Beranda Olahraga

Penuh Aroma Dendam

BERBAGI

SOCHI–RADAR BOGOR,Laga big match bakal tersaji di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Rusia antara Portugal vs Spanyol pada Sabtu (16/6/2018) mendatang. (Live Trans TV pukul 01.00 WIB).

Pertandingan pembuka babak penyisihan Grup B di Piala Dunia 2018 ini mengunggulkan tim arahan Julen Lopetegui bila berkaca pada tren enam laga terakhir.

Berdasarkan data Soccerway, dalam enam laga tersebut, Spanyol unggul head-to-head atas Portugal dengan rincian menang tiga kali, seri satu kali, dan kalah dua kali. Bahkan, laga Spanyol vs Portugal juga pernah terjadi di panggung Piala Dunia edisi 2010.

Di babak 16 besar itu, Spanyol menang tipis 1-0 berkat David Villa, yang mencetak gol pada menit ke-63 di Cape Town Stadium. Tergabung di Grup H bersama Chili, Swiss, dan Honduras, tim yang berada di bawah arahan Vicente del Bosque ini akhirnya keluar sebagai kampiun Afrika Selatan 2010 usai mengalahkan Belanda 0-1 di babak final.

Masih dari Soccerway, kedua negara terakhir bersua pada enam tahun lalu yakni 28 Juni 2012 di ajang Piala Eropa. Saat itu, Spanyol mampu menghentikan langkah Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan di babak semifinal, usai menang 2-4 pada babak adu pinalti.

Di babak tersebut, Xabi Alonso gagal mengeksekusi bola, diikuti Joao Moutinho dan Bruno Alves. Sementara Fabregas menjadi penentu kemenangan usai sukses menjebol jala gawang Rui Patricio sebagai penendang terakhir.

Kemenangan tersebut sekaligus membalas kekalahan Spanyol di panggung yang sama empat tahun sebelumnya. Saat itu, gol kemenangan Nuno Gomes pada menit ke-57 membawa Portugal lolos ke perempat final Piala Eropa 2014. Berstatus sebagai juara Grup A, sayangnya tuan rumah yang melaju hingga final harus takluk di tangan Yunani berkat gol semata wayang Angelos Charisteas.

Di Piala Dunia 2018, Spanyol masih mengandalkan tangan dingin Julen Lopetegui yang dipercaya sejak 2016. Penerus Vicente del Bosque usai Piala Eropa 2016 itu memiliki rekor yang cukup membanggakan. Pasalnya, dari 20 pertandingan terakhir di era Lopetegui, La Furia Roja tak tersentuh kekalahan.

Apabila mampu mengatasi Portugal, kans Diego Costa dan kawan-awan bisa dibilang cukup terbuka ke babak 16 besar. Sebab, mereka tinggal berhadapan dengan tim yang di atas kertas tak terlalu sulit untuk dikalahkan, yakni Iran (21/6) dan Maroko (26/6) mendatang. (rur/net)

Baca Juga