Beranda Berita Utama

Bantai Arab Saudi Lima Gol Tanpa Balas,Rusia Jawab Keraguan

BERBAGI
SELEBRASI: Gelandang Rusia Yury Gazinsky merayakan golnya ke gawang Arab Saudi bersama rekan-rekannya. Rusia menang 5-0 diĀ  Luzhniki Stadium, Moskow. (REUTERS/Carl Recine)

 

MOSKOW-RADAR BOGOR,Rusia menjawab keraguan publik jelang pembukaan Piala Dunia 2018. Meladeni tantangan Arab Saudi di penyisihan Grup A, Kamis (14/6) kemarin. Igor Akinfev cs membantai telak wakil Asia itu lima gol tanpa balas.

Bertanding di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia -selaku tuan rumah- langsung tampil menekan. Para pemain Arab Saudi dipaksa turun ke belakang untukmengamankan wilayahnya.

Peluang pertama Rusia didapat oleh Aleksandr Samedov. Menerima umpan dari Mario Fernandes, upayanya masih bisa diblok pemain Arab. Dua menitberselang, giliran upaya Yuri Zhirkov yang diblok.

Terus menekan, Rusia akhirnya bisa mendapat gol pertama pada menit ke-12. Gazinskiy menjadi pencetak gol pertama di Piala Dunia 2018, setelah memaksimalkan umpan terukur Aleksandr Golovin.

Tertinggal, membuat Arab coba keluar menyerang. Namun beberapa kali peluang yang didapat oleh Ilya Kitepov danMohammed Al-Sahlawi masih belum menemui sasaran.Di tengah tekanan Arab, Rusia mesti kehilangan
pemain andalannya Alan Dzagoev.

Ia mengalami cedera dan digantikan Denis Cheryshev di menit ke-24.

Di menit ke-42, gol kedua pun mereka dapatkan. Cherychev, yang baru masuk, bisa merobek gawang Abdullah Al-Maiouf usai menerima sodoran Roman Zobnin.

Di babak kedua, Rusia masih tampil menekan. Pada ke-52, Aleksandr Samedov melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun masih melayang ke atas gawang Arab Saudi.

Di menit ke-72, tekanan Rusia akhirnya berbuah gol ketiganya. Artem Dzyuba yang baru dua menit masuk ke lapangan usai menggantikan Fedor Smolov,membawa timnya memimpin 3-0. Ia meneruskan crossing Aleksandr Golovin dengan sundulan di mulut gawang.

Unggul tiga gol membuat pemain Rusia kian percaya diri menggempur Arab. Di menit ke-77, Zobnin nyaris mencetak gol keempatnya andai sundulannya tepat sasaran.

Tekanan Rusia pun berlangsung hingga mendekati laga tuntas. Di masa injury time, dua gol tambahan bisa mereka lesakkan lewat kaki Cheryshev dan Golovin.

Cheryshev mencetak gol keduanya lewat umpan Dzyuba, sementara Golovin mencetak gol lewat tendangan bebas terukur di depan kotak penalti Arab. hasil ini membuat Rusia memimpin Grup A dengan tiga poin. Sementara Arab Saudi berada di posisi keempat dengan poin kosong.(rur/net)

 

Komentar Anda

Baca Juga