25 radar bogor

Resmi, 1 Syawal 1439 H Jatuh pada Hari Jumat 15 Juni 2018

Ilustrasi penentuan awal bulan Hijriyah
Ilustrasi penentuan awal bulan Hijriyah

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah melalui Kementerian Agama selesai menggelar sidang isbat. Hasilnya diputuskan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018.

“Atas dasar laporan tersebut, seluruh peserta sidang isbat sepakat bahwa malam ini telah memasuki 1 Syawal 1439 H,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakpus, Kamis (14/6/2018).

Dan demikian mulai besok pagi kita bersama melaksanakan salat Id, salat Idul Fitri, sebagaimana ketentuan.

“Dan dengan demikian kita telah berhasil menyepakati sekaligus menetapkan bahwa mulai malam ini kita telah memasuki 1 Syawal 1439,” jelasnya.

Menag menyatakan setidaknya ada 12 petugas yang menyatakan telah melihat hilal. Di antaranya berada di Manado, Kota Palu, Gresik, Jawa Timur hingga Jakarta.

Rangkaian sidang isbat diawali pemaparan Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag, terkait posisi hilal secara astronomis pada 29 Ramadan 1439 Hijriah.

Proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriah. Hal itu sebagaimana diatur di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Sejumlah perwakilan ormas turut hadir dalam sidang isbat ini, di antaranya perwakilan dari Muhammadiyah dan PBNU. Tokoh yang datang seperti Ketum MUI KH Ma’ruf Amin dan beberapa tokoh lainnya. (ysp)