Beranda Metropolis

242 Ribu Kendaraan Tinggalkan Bogor

BERBAGI
PADAT: Jelang Lebaran lalu lintas Kota Bogor masih padat. Hingga kemarin (12/6), tercatat ada 242 ribu kendaraan yang keluar dari Bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR,Musim mudik telah tiba. Kini, warga Bogor berbong-bondong meninggalkan Kota Hujan menggunakan berbagai moda transportasi. Khusus kendaraan roda empat, sesuai data keluar masuk pintu tol Bogor dan tol Bogor Outer Ring Road (BORR), ada sebanyak 242.129 kendaraan meninggalkan Kota Bogor.

Kepala Satlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji menjelaskan bahwa jumlah tersebut sesuai dengan kendaraan yang masuk pintu tol BORR dan tol Bogor.

Sedangkan jumlah kendaraan yang datang ke Bogor, yang dihitung berdasarkan kendaraan yang keluar tol BORR dan tol Bogor, justru lebih besar yakni 271.281 kendaraan. “Data tersebut dihitung mulai H-7 atau 7 Juni 2018 hingga 11 Juni 2018,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (12/6).

Jumlah kendaraan yang keluar-masuk Bogor memang masih dominan menggunakan akses gerbang tol Bogor. Jika dirinci, kendaraan yang masuk menggunakan gerbang tol Bogor ada sebanyak 145.925 unit, sedangkan yang menggunakan gerbang tol BORR ada sebanyak 125.356 kendaraan.

Adapun, angka kendaraan yang keluar dari Bogor lewat gerbang tol Bogor sebanyak 124.818 kendaraan, sedangkan dari tol BORR sebanyak 117.311 kendaraan. Di samping itu, beberapa ruas jalan Kota Bogor mengalami kemacetan yang cukup parah menjelang perayaan Idul Fitri.

Berdasarkan pantauan Radar Bogor, beberapa kemacetan kerap terjadi di jalur sisem satu arah (SSA), Jalan Pajajaran dari arah Sukasari menuju Tugu Kujang, Jalan Jenderal Sudirman dari arah Air Mancur dan dari arah Balaikota Bogor, serta Jalan Pengadilan dan Jalan Sawojajar menuju Pasar Anyar.

Menanggapi hal itu, Bram tak menampik bahwa adanya peningkatan volume kendaraan di jalan arteri. Kondisi tersebut dianggapnya sebagai dampak banyaknya masyarakat yang keluar rumah.

“Iya, karena saat ini banyak warga yang keluar rumah, untuk berbelaja per­siapan lebaran,” tukasnya. (fik/c)

Komentar Anda

Baca Juga