JAKARTA–RADAR BOGOR,Musim mudik tahun ini PT XL Axiata Tbk bekerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Marga, dan Korlantas Polri.
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, XL Axiata mendukung pemerintah untuk memanfaatkan teknologi digital guna menyampaikan pesan atau informasi kepada publik mengenai barbagai hal.
“Kami membantu pemerintah dalam hal ini, apalagi semakin meluas penggunaan sarana digital untuk mengakses informasi oleh masyarakat Indonesia,” kata Yessie.
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, tahun sebelumnya, informasi seputar mudik masih dituangkan dalam bentuk hardcopy atau dalam kertas tercetak. ”Termasuk peta mudik yang dibagikan kepada masyarakat,” ujar Budi.
Namun, saat ini format seperti itu kurang lagi efektif karena rentan hilang atau rusak, serta butuh biaya tidak sedikit untuk mencetaknya.
Sementara itu, proses digitalisasi informasi seputar mudik Lebaran 2018 ini merupakan inovasi bagi pemerintah dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung.
Informasi dalam bentuk digital yang bisa diakses melalui smartphone ini, antara lain, meliputi informasi call center dan nomor telepon darurat yang bisa dihubungi pemudik terkait kebutuhan mudik, daftar tarif jalan tol Jawa, daerah rawan kecelakaan, serta posko kesehatan dan rest area yang disediakan Kemenhub.
Selain itu, juga ada informasi mengenai persiapan sebelum melakukan perjalalan mudik, seperti seputar kesehatan sebelum dan selama mudik, imbauan menyiapkan e-money atau uang elektronik, hingga informasi mengenai objek wisata di sepanjang jalur mudik.(mer/b)