Beranda Radar Ramadan Silaturahmi

Pesantren Ummul Quro Al-Islami, Buka Kampus Tahfidz, Utamakan Hafalan dan Pemahaman

BERBAGI
JADI RUTINITAS: Sebagian santri saat mempelajari dan menghafal Alquran.

Pengembangan Pesantren Ummul Quro Al-Islami tidak berhenti dengan adanya IUQI dan Asrama Mahasiswa IUQI. Baru-baru ini, sang kiai meresmikan kelas khusus tahfidz yang berlokasi di Perumahan Green Village Blok E8, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Kampus khusus tahfidz ini, dibuka dua kelas yang terdiri atas tingkat SMP dan tingkat mahasiswa. “Kita buka dua kelas di sana, SMA tidak ada, karena kita ingin awali dari sana.

Mungkin ke depannya bisa ke SMA. Kalau yang mahasiswa, karena kita ingin ada unggulan di bidang Alquran,” ujar Syamsu Rijal, yang juga menjabat Warek II IUQI, saat berkeliling di Pesantren Ummul Quro.

Ia menggambarkan, pengembangan kelas khusus tahfidz ini bukan hanya untuk hafalan, tapi juga pemahaman. Para santri nantinya diarahkan untuk mendalami Alquran dari berbagai sisi ilmu Alquran.

Di antaranya, tafsir, asbab an-nuzuul, ayat muhkamaat, ayat mutasyabihat, ayat madaniyah, ayat makiyah, dan juga perpaduan ilmu ushuliyyah untuk menguatkan pemahaman Alquran.

“Jadi, tahfidz Alquran itu tidak cuma dihafal, juga bisa mengkaji dan didalami. Ini penting bagi kami. Ada nilai unggulan yang ingin kami angkat. Karena, tidak semua pesantren tahfidz memiliki pendalaman tersendiri dengan ilmu Alquran,” katanya.

Terkait lokasinya berada sekitar 2 km dari pesantren, itu dikarenakan Ummul Quro memiliki lahan. Apalagi, lokasinya yang asri, lingkungan yang mumpuni, menjadi nilai tambah pengembangan hafalan Alquran di asrama kelas khusus tahfidz.

“Karena memang kelas tahfidz harus wilayah asri. Jauh dari pemukiman. Lingkungan juga harus mendukung,” tukasnya.

Saat ini, kelas tahfidz masih dalam proses perintisan pasca diresmikan belum lama ini. Mahasiswa yang meng­enyam sudah ada lima orang, sementara untuk SMP baru dibuka sekarang.

“Insya Allah, Juni ini efektif akan kita mulai. Dan, Ummul Quro akan terus kita kembangkan,” pungkasnya.(cr3/c)

Komentar Anda

Baca Juga