25 radar bogor

Aman, Namun Tetap Waspada

FIKRI-H/RADAR BOGOR JALUR ALTERNATIF: Pengendara motor melintasi jalan berlumpur di jalur Leuwiliang-Pelabuhan Ratu. Jalur ini dipastikan aman untuk dilintasi pemudik yang menuju Pelabuhan Ratu maupun Sukabumi.
FIKRI-H/RADAR BOGOR
JALUR ALTERNATIF: Pengendara motor melintasi jalan berlumpur di jalur Leuwiliang-Pelabuhan Ratu. Jalur ini dipastikan aman untuk dilintasi pemudik yang menuju Pelabuhan Ratu maupun Sukabumi.

LEUWILIANG–RADAR BOGOR,Jalur alternatif Leuwiliang–Pelabuhan Ratu dipastikan aman dan bisa digu­nakan sebagai jalur alternatif saat Lebaran nanti. Hal itu disam­paikan Camat Leuwiliang Chairuka Judhyanto kepada Radar Bogor.

Menurutnya, jalur ini menjadi alternatif warga selain Tol Bocimi yang sudah dibuka beberapa waktu lalu. ”Jalur Leuwiliang-Pelabuhan Ratu ini sudah ramai,” katanya.

Soal kondis jalan, mayori­tas badan jalan sudah berbeton. Namun, ia tidak memungkiri masih ada kerusakan di be­berapa titik.

Sementara itu, Agus Maulana (28) warga Leuwisadeng sangat terbantu dengan adanya jalur alternatif itu. Terlebih ia kerap kali pulang ke Jampang Surade, Sukabumi, yang merupakan daerah kelahirannya.

Hanya saja, ia mengingatkan kepada pengguna jalan, teru­tama pengendara motor, agar tetap berhati-hati.

”Usahakan kalau mau berangkat sendirian, siang hari. Itu lebih aman! Ka­laupun harus malam, sebaik­nya iring-iringan, demi keama­nan,” katanya.

Senada dikatakan Andriana (43) warga Cianten, Leuwiliang. Menurutnya, pengendara harus memperhatikan betul saat melintasi jalur alternatif itu.

Menurutnya, jalur itu masih terdapat titik rawan longsor. Selain itu, jalan yang memiliki lebar 5,5 meter ini juga masih banyak lu­bang menganga.

”Lampu pe­ne­rangan umum juga minim, teru­tama di daerah Cianteun, Kla­pa­nunggal, dan memasuki Cipeuteuy. Karena hutan, jadi harus hati-hati,” bebernya.(cr3/c)