25 radar bogor

Alfamart Gandeng Pondok Pesantren

Humas Alfamart for Radar Bogor KUNJUNGAN: Presiden Jokowi berbincang dengan pimpinan Ponpes Asshidiqiyah 3 didampingi Corporate Affair Direktur Alfamart Solihin saat menyaksikan toko Kimonu kerja sama Alfamart dan pondok pesantren.
Humas Alfamart for Radar Bogor
KUNJUNGAN: Presiden Jokowi berbincang dengan pimpinan Ponpes Asshidiqiyah 3 didampingi Corporate Affair Direktur Alfamart Solihin saat menyaksikan toko Kimonu kerja sama Alfamart dan pondok pesantren.

KARAWANG–RADAR BOGOR,Presiden RI Joko Widodo, Rabu (6/6) mengunjungi Kios Modern NU (KIMONU) di Pon­dok Pesantren Asshidiqiyah 3 Karawang, Jawa Barat. Jokowi mengunjungi KIMONU di sela agenda kunjungan kerja dan silaturahmi dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Karawang di Pondok Pesantren Asshidiqiyah 3 yang dipimpin KH Hasan Nuri Hidayatullah atau yang kerap disapa Gus Hasan.

Kimonu merupakan sinergi Alfamart dengan institusi pondok pesantren yang ingin mengembangkan kompetensi dan kemandirian siswa-siswi pondok di bidang usaha, melalui inkubasi usaha berbentuk toko kelontong modern.

“Kami turut bangga untuk bisa bergabung sekaligus mendukung pondok pesantren yang ingin berwirausaha melalui bidang ritel,” ujar Corporate Affair Director Alfamart, Solihin.

KIMONU banyak menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari bagi santri atau masyarakat termasuk juga barang-barang hasil produksi pondok pesantren.

“Jadi, pondok pesantren yang memiliki aneka barang produksi mereka sendiri juga bisa dijual di KIMONU, sehingga memudahkan sarana mereka dalam menjual hasil produksinya dan mempromosikan produk,” tambah Solihin.

Operasional KIMONU sepenuhnya dikelola oleh pondok pesantren melalui para santri dan pengurus pon­dok. Solihin menjelaskan bahwa Alfamart mendukung KIMONU melalui salah satu program kerja sama Alfamart, yakni OBA (Outlet Binaan Alfamart).

OBA merupakan skema yang tepat bagi pon­dok pesantren, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari santri dan masyarakat residensial sekitar. Karena melalui OBA, KIMONU bisa mendapatkan barang-barang dagangan dengan harga khusus yang nantinya bisa dijual kembali dengan keuntungan wajar.

Selain itu, keuntungan menjadi anggota OBA adalah kepraktisan mendapat barang dagangan karena barang akan diantarkan langsung oleh MRO (member relation officer), yang juga membantu dalam pengawasan ketersediaan atau stok barang dan asistensi dalam proses manajemen keuangan sederhana bagi toko.(*/ric)