25 radar bogor

Terminal Rawamangun Mulai Padat

JOESVICAR IQBAL/INDOPOS ANTRE: Para pemudik mulai berdatangan ke Terminal Rawamangun, Jakarta Timur.
JOESVICAR IQBAL/INDOPOS
ANTRE: Para pemudik mulai berdatangan ke Terminal Rawamangun, Jakarta Timur.

JAKTIM–RADAR BOGOR,Para pemudik mulai memadati Terminal Rawamangun, Jakarta Timur. Hingga kemarin (10/6), terminal tersebut sudah memberangkatkan 156 penumpang menuju Sumatera. ”Untuk Terminal Rawamangun ini memang khusus diperbantukan pemudik yang hendak menuju Sumatera,” jelas Kepala Terminal Rawamangun Bastian.

Dia menjelaskan, 11 armada antarkota antarprovinsi (AKAP) memberangkatkan 156 penumpang tujuan Padang, Sumatera Selatan dan Palembang, Sumatera Selatan.

Dia memprediksi, tiga hari ke depan arus mudik akan mencapai puncaknya. Selain ke kawasan Sumatera, pihaknya juga akan menerima kedatangan bus AKAP dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. ”Tapi untuk bus ke Jateng dan Jatim kemungkinan baru datang besok (hari ini, red), imbuhnya.

Bastian menjelaskan, pihaknya menyiapkan 32 petugas Dinas Perhubungan (Dishub) untuk dua shift. Untuk keamanan, petugas Polda Metro Jaya bersama anjing pelacak sudah berkeliling sekitar pukul 11.00 wib. ”Polisi menyisir dan mengecek keamanan terminal,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada para pemudik agar selalu berhati-hati, membawa barang bawaan dan uang secukupnya.

”Bagi pemudik, kalau tidak kenal jangan menerima pemberian orang itu, untuk menghindari kasus hipnotis,” imbaunya.

Sementara itu, di hari yang sama, Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan juga mendirikan posko pengawasan dan pengendalian bus angkutan Lebaran di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Posko akan melayani arus mudik dan arus balik, mulai dari 7-24 Juni 2018 mendatang.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto mengatakan, Terminal Lebak Bulus telah ditunjuk sebagai terminal bantuan untuk arus mudik dan arus balik di wilayah Jakarta Selatan. Pihaknya pun melakukan berbagai persiapan untuk melayani penumpang.(ibl)