25 radar bogor

Penyempitan Ruas Tol Ancam Kemacetan

Ilustrasi Tol
Ilustrasi Tol

RAMAI: Suasana lalu lintas tol Jakarta Cikampek (dok.Jawapos)

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek dari arah Jakarta menuju Cikampek yang akan melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama terpantau mulai padat pada H-5 Lebaran atau Jumat (8/6). Antrean didominasi kendaraan pribadi.

General Manager PT Jasa Marga Cabang Tol Jakarta Cikampek Raddy R Lukman mengatakan, ada enam titik penyempitan yang terjadi di ruas Tol Japek. Penyempitan itu mulai dari Simpang Tol Cikunir sampai Gerbang Tol Karawang Barat arah Cikampek.

Raddy menambahkan, adapun titik kemacetan Tol Japek itu berada di Km 10 (Simpang Susun Cikunir), Km 21, Km 33, Km 37 serta Km 57. Penyebabnya, kata dia juga, selain karena proyek pembangunan, penyempitan lajur juga terjadi karena pertemuan arus lalu lintas serta pengurangan jumlah lajur (bottle neck).

“Kami lakukan beberapa langkah untuk mengurangi enam titik kepadatan,” terangnya.

Salah satunya, dengan menggeser beton movable concrete barrier (MCB), contra flow hingga penyediaan tempat istirahat sementara atau parking bay.

Raddy juga memaparkan, penerapan sistem contra flow akan dilakukan setelah Gerbang Tol Cikarang Utama hingga Km 65. Pemberlakuannya, menurut dia, berlaku sebaliknya saat arus balik mudik nanti mulai dari Gerbang Tol Cikarang Utama hingga ke Tambun.

Raddy juga memaparkan, ruas Tol Japek ada tiga segmen terpadat. Segmen terpadat dengan volume to capacity ratio (v/c) ratio 1,1 hingga 1,2 terdapat di sepanjang jalur Cikunir hingga Cibitung. Kemudian, jalur Karawang Barat hingga Karawang Timur serta Cawang hingga Pondok Gede.

“Kami juga masih memberlakukan kebijakan ganjil genap hingga Senin (11/6) atau H-4. Karena memang ganjil-genap terbukti mampu mengurangi serta mengurai kepadatan di ruas Tol Jakarta-Cikampek dari arah Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekati Timur,” ujarnya juga.

Menurut Raddy, kebijakan ganjil genap dakan kembali diterapkan H+5. Mengingat pada H+4 merupakan puncak arus balik mudik Lebaran. Selanjutnya, kabijakan tersebut tetap berlanjut agar pemilik kendaraan roda empat tidak lupa adanya implementasi ganjil-genap di ruas tol Japek.

Sebelumnya, PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek (Japek) memprediksi puncak arus mudik kendaraan yang melintasi Tol Japek terjadi pada Sabtu (9/6). Namun pemudik dari Jakarta dan sekitarnya diperkirakan akan mulai memadati ruas Tol Japek sejak Jumat (8/6) malam.(dny)