25 radar bogor

Pawaja Saingan Baru Pabangbon

PARIWISATA : Camat Leuwisadeng, Pepep Hamdi (tengah) bersama pengelola Pawaja, saat peresmian, Sabtu (9/6). FIKRI-H/RADAR BOGOR
PARIWISATA : Camat Leuwisadeng, Pepep Hamdi (tengah) bersama pengelola Pawaja, saat peresmian, Sabtu (9/6). FIKRI-H/RADAR BOGOR

LEUWISADENG–RADAR BOGOR,Panorama Wisata Wangunjaya (Pawaja) resmi ditetapkan sebagai kawasan wisata alam. Itu setelah Pemerintah Kabupaten Bogor meresmikan tempat wisata yang berlokasi di Desa Wangunjaya, Kecamatan Leuwisadeng, tersebut pada Sabtu (9/6) lalu.

Camat Leuwisadeng Pepep Hamdi pun mengapresiasi pengembangan Pawaja sebagai salah satu destinasi wisata di wilayahnya. Ia bahkan sangat yakin jika Pawaja tidak kalah pamor dengan lokasi serupa di kecamatan lain.

”Ini (Pawaja) akan menjadi potensi unggulan. Kalau selama ini Pabangbon dikenal di Kecamatan Leuwiliang, nah kami di Leuwisadeng punya Pawaja,” ujarnya kepada Radar Bgor.

Ia juga sangat mengapresiasi pengembangan Pawaja mengingat lokasi ini dibangun atas kerja sama masyarakat. Mantan sekcam Sukaraja ini juga sangat berharap keberadaan Pawaja bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan UMKM masyarakat setempat.

”Pawaja memiliki daya saing pariwisata dengan destinasi lainnya. Besok-besok kalau ada orang mau jalan-jalan, kita kemana? Ke Leuwisadeng. Ada apa? Ada Pawaja,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Laskar Hijau Ocang Iskandar kepada Radar Bogor mengatakan, fasilitas-fasilitas untuk wisatawan sudah disiapkan.

“Ada parkir, sarana ibadah, area istirahat, jajanan UMKM. Paling utama, adalah daya tawar keindahan alam Wangunjaya,” katanya.

Untu kitu, pihaknya menyiapkan 32 spot titik untuk berswafoto.

“ Harga tiketnya sementara masih Rp. 10.000 sekali masuk. Kami buka dari pukul 8 pagi sampai jam 5 sore,” pungkasnya. (cr3/c)