25 radar bogor

Geger! Presiden Jokowi Tunjuk Uya Kuya jadi Kepala BPIP, Kok Bisa?

Presenter Uya Kuya ditunjuk Jokowi menjadi Kepala BPIP menggantikan Yudi Latif yang mengundurkan diri.
Presenter Uya Kuya ditunjuk Jokowi menjadi Kepala BPIP menggantikan Yudi Latif yang mengundurkan diri.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tak perlu waktu lama bagi Presiden Jokowi menemukan pengganti Yudi Latif untuk menduduki jabatan strategis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Namun diluar dugaan, pilihan mantan Gubernur DKI Jakarta itu jatuh kepada presenter Uya Kuya. Kok Uya?.

Dalam jumpa pers mendadak Minggu (10/6/2018) pagi, Jokowi menyatakan tidak ada tokoh lain yang lebih pantas  dan sanggup dan cemerlang dalam menjalankan tugas berat di BPIP kecuali Uya Kuya.

Jokowi mengaku menerima puluhan rekomendasi nama akademisi, aktivis, dan politikus, dari para stafnya, tetapi Jokowi mencoret semua nama itu dengan keyakinan tinggi.

“Semua rekomendasi saya coret, he-he-he,” kata Jokowi. “Saya lebih percaya insting saya sendiri. Saya pilih Pak Uya Kuya,” ujarnya.

Uya yang berdiri di samping kanan Jokowi memamerkan tawa khas dan lesung pipitnya.

“Pak Uya Kuya ini kan sudah sangat berpengalaman, terbukti, jaminan mutu, berhasil menyelesaikan persoalan banyak orang dan menyadarkan banyak orang. Dengan pengalaman menyadarkan banyak orang itu, saya minta Pak Uya mem-Pancasila-kan banyak orang,” kata Jokowi.

Jokowi hakulyakin, dengan segenap kemampuan Uya Kuya. Jokowi percaya, dengan Uya Kuya  menjadi Kepala BPIP, bangsa ini akan pancasilais total.

Sebelum membuka sesi tanya-jawab, Jokowi mempersilakan King Uya Kuya menyampaikan sambutannya.

Uya menghabiskan waktu setengah jam untuk mengucapkan syukur kepada Allah SWT, salawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, dan ucapan terima kasih yang daftarnya demikian panjang dari keluarga intinya, sanak famili, para kru dan pemain di acara televisi Rumah Uya, hingga para penggemar Uya di berbagai daerah. Semua yang ia ingat ia sebutkan.

“Aduh, jadi kayak dapet Oscar,” kata Uya cengengesan. “Mana gajinya gede lagi,” ucapnya. Sebagian besar wartawan yang hadir mengantuk dan menguap berulang-ulang, kecuali beberapa saja yang berdedikasi tinggi termasuk wartawan Mandhaninews.

Tanpa ada yang mempersilakan, wartawan Mandhaninews langsung menembak dengan pertanyaan tajam. “Jadi apa program Anda sebagai ketua BPIP? Bagaimana Anda mewujudkan cita-cita Presiden tadi, menjadikan bangsa ini pancasilais total? Kongkretnya seperti apa?,” tanya wartawan tersebut.

“Santai saja, Kisanak, santai, ho-ho-ho,” jawab Uya, sambil memainkan jari-jari beberapa senti di depan matanya. “Saya sudah menyiapkan program andalan. Pak Jokowi juga terpesona dengan gagasan ini, dan langsung merestui: Mendirikan Rumah Uya untuk Pancasila sampai ke desa-desa,” paparnya.

Uya menamai program tersebut “One Desa, One Rumah Uya”, disingkat “ODE-ORU”.  Ketika mengucapkan “ODE-ORU”, Uya mengangkat tangan kanannya yang terkepal, melepas ibu jari dan telunjuknya sebagai simbol “d”, jempol dan telunjuk itu kemudian dihadapkan ke atas membentuk “u”.

Dengan keberadaan Rumah Uya di seluruh penjuru tanah air, Uya optimistis semua warga negara yang bermasalah dengan Pancasila akan menemukan solusinya baik-baik.

Mereka yang bermasalah akan dipanggil ke Rumah Uya, untuk menceritakan semua persoalannya, dan staf Rumah Uya akan memberikan layanan, resep, atau terapi tertentu agar “si pasien” sembuh dan kembali menjadi pancasilais.

“Oh iya, satu lagi, tadi Pak Presiden juga sudah setuju banget, Rumah Uya sebagai acara televisi akan ditayangkan setiap hari, di semua stasiun televisi, tiap jam sembilan malam, kayak dunia dalam Berita dulu. Isinya nanti kompilasi terbaik, pilihan, dari semua praktek Rumah Uya,” katanya. (ysp)