25 radar bogor

Dishub Siapkan Sembilan Posko Mudik

AMANKAN JALUR MUDIK: Petugas Dishub Kabupaten Bogor melakukan apel sebelum turun mengamankan jalur mudik.
AMANKAN JALUR MUDIK: Petugas Dishub Kabupaten Bogor melakukan apel sebelum turun mengamankan jalur mudik.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Mengaman­kan jalur mudik, Dinas Perhubu­ngan (Dishub) Kabupaten Bo­gor me­nerjunkan ratu­san personel.

Kepala Dishub Kabupaten Bogor Edi Wardhani menu­turkan, ratusan personel mulai diturunkan pada Kamis (8/6) dan berakhir pada H+7 Lebaran. ”Per­sonel dibagi ke sembilan pos. Barat ada dua pos, Tengah tiga pos, Timur dua pos, Selatan juga dua pos,” katanya kepada Radar Bogor.

Sembilan pos tersebut ditem­patkan di titik-titik kemacetan. Selain itu, pihaknya juga fokus pada pengamanan jalur pasca-Lebaran nanti, terutama di tempat-tempat wisata.

”Kami fokuskan daerah Ba­rat. Program ram check di Puncak juga tetap dilakukan. Diperiksa dulu kelayakan kendaraannya, kalau tidak layak akan dikembalikan. Jadi H+7 pun kami masih di la­pangan,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Kese­lamatan pada Dishub, Muslim Akbar menerangkan, dari total 97 bus AKAP ber pelat F, se­luruhnya telah melewati proses ram check dan hasilnya dalam keadaan baik.

”Ram check sudah sejak seminggu lalu. Secara tek­nis kelengkapan bagus, pengu­sa­ha juga tidak mau ambil risi­ko. Di Terminal Cileungsi, ada bus-bus yang ngetem tidak memenuhi syarat, pelangga­ran trayek, hanya ditilang saja,” urainya.

Ia pun mengimbau para pemudik menjadi pe­num­pang cerdas. ”Pilih bus yang baik dan jadilah penumpang cer­das. Kedua, jika berwisa­ta, jadilah pewisata yang cerdas,” tegasnya.

Dinkes Siapkan 20 Posko

Sementara itu, Dinas Ke­sehatan (Dinkes) Kabupa­ten Bogor menyiapkan 20 pos­ko kesehatan bersama lintas sek­tor (terpadu) dan 20 am­bu­lans yang disebar di Pos Terpadu Mudik Lebaran 2018 dengan menerjunkan 427 personel kesehatan se-Ka­bu­paten Bogor.

Persiapan terus dilakukan, salah satunya dengan kegia­tan apel siaga kesehatan mudik Lebaran di halaman Dinkes, Rabu (6/6).

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor Erwin Suriana mengata­kan, posko kesehatan disiap­kan untuk melayani masyara­kat, baik arus mudik maupun arus balik Lebaran yang akan diberlakukan mulai 8 Juni hingga 23 Juni 2018, atau H-7 hingga H+7.

”Untuk pesonel di masing-masing posko kesehatan akan diisi empat personel tena­ga kesehatan, yakni satu dokter dua perawat dan satu sopir,” katanya. Sementara, untuk ambulans, Dinkes menyiapkan 20 unit dan tersebar di pos terpadu.(wil/c)