Beranda Lifestyle

Tip Menjaga Kadar Gula Darah Selama Lebaran


Hari Raya Idul Fitri beberapa hari lagi. Perayaan kemenangan bagi umat muslim ini merupakan momen penuh tradisi, tak terkecuali sajian menggugah selera yang terkadang hanya dapat dinikmati setahun sekali.

Bagi penderita diabetes, perayaan ini menjadi tantangan tersendiri. Kecenderungan untuk makan berlebihan saat hari raya dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan penyesalan di kemudian hari. Padahal, pola makan yang baik dan olahraga teratur merupakan dasar terapi pada diabetes.

Lalu, bagaimana caranya mempertahankan pola makan sehat saat hari raya? Sebagian penderita diabetes mampu mempertahankan pola makan sehat yang sudah dimiliki sebelumnya.

Namun bagi sebagian besar lainnya, tantangan tersebut dapat terlalu besar sehingga perlu membuat perencanaan sebelumnya. Dokter Alisa Nurul Muthia, Sp.PD yang merupakan dokter penyakit dalam RS PMI Bogor memberikan beberapa kiat menjaga kadar gula darah saat lebaran.

Persiapan sebelum perayaan:
1.Makan sesuai jadwal makan biasa agar gula darah stabil. Bila tidak memungkinkan, makanlah camilan sehat sehingga pada saat makanan dihidangkan Anda tidak makan berlebihan.
2.Sengaja tidak makan pada waktunya dapat menyebabkan nafsu makan berlebih sehingga Anda akan lebih sulit mengontrol porsi makan.
3.Bawalah hidangan sehat yang dapat dinikmati bersama saat Anda berkunjung ke rumah kerabat.
4.Bila Anda berencana makan makanan manis, sebaiknya hindari asupan karbohidrat lainnya seperti ketupat, lontong, kentang, mi, atau bihun.
5.Apabila Anda masih tergelincir memakan makanantidak terkendali, segera kembali ke pola makan sehat sesudahnya.
Saat Lebaran, biasanya, Anda akan disuguhi makanan prasmanan. Agar Anda tidak makan berlebihan beberapa kiat ini dapat diterapkan.
1.Gunakan piring kecil untuk mengambil makanan kesukaan Anda dan segera beranjak dari situ.
2.Minum air putih sebelum mulai makan.
3.Makan.sayuran terlebih dahulu.untuk mengurangi nafsu makan.
4.Makan perlahan karena otak Anda butuh waktu 20 menit untuk merasa kenyang.
5.Hindari minuman yang manis.

Semua makanan bisa Anda nikmati, kuncinya adalah perhatikan porsi dan cermat dalam memperhitungkan kalori. Tentunya ada beberapa sajian yang hanya bisa dinikmati pada saat hari raya. Bila Anda sangat menyukai sajian itu, ambil dalam porsi kecil dan nikmati pelan-pelan.

Selama hari raya, usahakan tetap aktif dan sisihkan waktu untuk berolahraga. Aktivitas fisik dapat membantu membakar kalori dan menurunkan kadar gula darah.

Cobalah jalan santai di sore hari setelah acara makan bersama dan lakukan kegiatan atau permainan di alam terbuka bersama keluarga. Setelah aktivitas yang panjang di hari raya, sempatkanlah untuk tidur selama 7-8 jam. Kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan, terutama makanan manis dan berlemak.

Terakhir, ingatlah bahwa tidak semua hal bisa berjalan sesuai keinginan. Walaupun Anda sudah merencanakan dengan saksama, kadangkala kendala menghadang. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri.

Mulailah esok hari dengan lebih baik. Kembali kepola makan yang baik, olahraga, dan kontrol gula darah secara teratur.

Salam sehat RS PMI Bogor

Baca Juga