25 radar bogor

Wujudkan Bogor Kondusif lewat Tiga Pilar

Apel tiga pilar (Bhabin­kamtibmas, Babinsa dan Lurah) dalam rangka meningkatkan sinergitas Pilkada serentak 2018, di Mako Polresta Bogor Kota, Kedunghalang, Kamis (7/6). (Instagram/polrestabogorkota)

BOGOR– RADAR BOGOR, Polresta Bogor Kota menggelar apel tiga pilar (Bhabin­kamtibmas, Babinsa dan Lurah) dalam rangka meningkatkan sinergitas Pilkada serentak 2018, di Mako Polresta Bogor Kota, Kedunghalang, Kamis (7/6).

Apel yang dipimpin langsung Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman itu, bertujuan untuk mewujudkan Kota Bogor kondusif sekaligus mendengarkan Pernyataan Sikap Tiga Pilar.

Usmar mengatakan, peran tiga pilar pembina masyarakat desa ini menjadi ujung tombak dalam meningkatkan ketahanan sosial, resistensi sosial, dan kontrol sosial terhadap setiap fenomena kejadian yang mengarah pada konflik dan gangguan kamtibmas terdepan.

Selama ini, tiga pilar telah mengaktualisasi basis sosial, hubungan sosial, dan jaringan sosial dalam upaya merespons secara cepat dan tepat pada setiap gangguan kamtibmas melalui ketajaman deteksi dan antisipasi dini dalam memahami karakteristik serta dinamika kehidupan masyarakat setempat.

“Saya berharap dari pelaksanaan apel ini bukan sebatas acara seremonial saja, namun sebagai langkah strategis meningkatkan sinergitas dan solidaritas guna menciptakan suasana yang kondusif,” ujar Usmar.

Menyikapi situasi saat ini, lanjut Usmar, telah terjadi serangan terorisme beruntun yang menyebabkan banyak korban jiwa. Pemerintah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak takut. Terkait dengan radikal dan teroris dibutuhkan sinergitas antara tokoh agama, masyarakat,  jajaran TNI, Polri, dan pemerintah untuk melawannya.

Selain iitu, kata Usmar, semua harus saling membahu bersama seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan suasana kamtibmas yang kondusif, menjaga kepercayaan kepada masyarakat, menjaga toleransi dan memberi pemahaman tentang persatuan dan kesatuan Indonesia kepada masyarakat.

“Berbagai kejadian yang sudah terjadi dapat menjadi pengalaman untuk kita semua agar waspada dan mengantisipasi dini dengan cara berkolaborasi secara cepat dan solid di lapangan. Mengingat berbagai tantangan ke depan mulai dari pemungutan suara 27 Juni 2018, pengamanan Idul Fitri, Asian Games, dan pemilu menjadi tugas bersama,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, tiga pilar tersebut sangat berperan dalam melawan konflik deteksi dini dengan menghindari semua konflik di Kota Bogor agar tetap kondusif. Pasalnya, potensi konflik selalu ada, baik dari berita maupun gejala konflik. Maka dengan adanya apel ini, untuk mengingatkan kembali bahwa tiga pilar memang harus bersatu.

“Konflik yang ada selama ini adalah saling menja­tuhkan, membuat berita hoax dari para pendukung calon yang ada,” tuturnya. (fik/*)