Beranda Bogor Raya

Waspada Jalur Mudik tanpa PJU

BERBAGI
PERLU HATI-HATI: Sejumlah jalur mudik di kawasan Cibubur dan Bekasi minim PJU. Jika ada, itupun dalam kondisi mati.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Ini peringatan serius bagi pemudik -terutama pengendara motor- yang ingin melintasi kawasan Cibubur dan Bekasi menuju kawasan Pantai Utara (Pantura). Pasalnya, selain jalan yang sempit dan rawan macet, ternyata akses mudik di Kota Bekasi juga banyak yang gelap.

Itu terjadi karena banyak lampu penerangan jalan umum (PJU) milik Pemkot Bekasi yang rusak. Akibatnya, akses jalur mudik tahun ini banyak yang gelap gulita. Kondisi itu tentu saja membahayakan terutama bagi pemudik yang melintas pada malam hari.

Banyaknya lampu PJU yang rusak dibenarkan Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi Arif Maulana. ”Memang banyak titik lampu PJU di kota ini yang rusak. Jumlahnya ribuan,” terangnya.

Arif juga mengaku, akibat rusaknya lampu PJU itu membuat banyak jalur mudik yang gelap kala malam. Meski begitu, katanya juga, jajarannya tengah memonitor secara berkala perbaikan kerusakan lampu jalan di akses-akses utama pemudik tersebut.

”Paling banyak kerusakan lampu PJU di Jalan KH Noer Ali, Jalan Chairil Anwar dan Jalan I Gusti Ngurah Rai,” terangnya juga. Arif juga mengaku, kerusakan PJU terjadi pada konektor lampu karena di makan usia dan kondisinya sudah tak layak pakai.

Sehingga, lampu PJU itu perlu dilakukan pergantian dengan yang baru.

”Kalau untuk suku cadang bohlam, kami sudah punya banyak. Hasil bantuan dari Pemprov DKI,” ujarnya. Selain itu, tambah Arif lagi, pencurian konektor lampu juga jadi salah satu faktor banyaknya lampu PJU yang mati.

Tahun ini, terang Arif lagi, pihaknya mendata ada 900 konektor PJU yang hilang dicuri. ”Konektor PJU mudah dicuri karena letak ketinggian­nya hanya 1,5 meter,” bebernya.

Dia memaparkan, setiap 10 lampu PJU yang menyala pada malam hari terhubung dengan satu konektor.(dny)

Baca Juga