25 radar bogor

Ditertibkan Sebelum dan Sesudah Lebaran

MENJAMUR: Menjelang Idul Fitri pedagang kaki lima (PKL) makin memadati kawasan Pasar Anyar, kemarin (8/6). Nelvi/Radar Bogor
MENJAMUR: Menjelang Idul Fitri pedagang kaki lima (PKL) makin memadati kawasan Pasar Anyar, kemarin (8/6). Nelvi/Radar Bogor

BOGOR–RADAR BOGOR,Rencana penataan dan relokasi pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Kebon Kembang (Pasar Anyar) terus dima­tangkan pemkot. Ada tiga kawasan yang PKL-nya akan ditata dan direlokasi, yakni kawasan MA Salmun, Dewi Sartika, dan Nyi Raja Permas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menuturkan, penataan PKL akan dilakukan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah Idul Fitri.

“Adapun yang dilakukan sebelum Idul Fitri, tepatnya malam takbiran (H-1 Lebaran), merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk membersihkan kota dari sisa sampah para pedagang musiman yang menyerbu kawasan Pasar Anyar,” jelasnya.

Tidak hanya membersihkan sampah, penataan PKL dilak­sana­kan dengan melibat­kan personel gabungan lintas OPD dan unsur Muspida Kota Bogor. Untuk penataan dan relokasi yang dilakukan pasca Idul Fitri, menurut Ade, karena adanya semangat yang sama untuk menata Kota Bogor agar lebih tertib. “Kegiatan ini sudah cukup lama dipersiapkan, jadi diharapkan ini bisa tuntas,” ucapnya.

Ade menegaskan, kepada semua OPD diminta melakukan ekspose terkait rencana kegiatan penataan dan relokasi sebelum dilakukan penataan dan relokasi agar jelas dan bukan seremonial serta tidak ada kesan memaksakan.

Sementara itu, Asisten Tata Pemerintahan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Hanafi menegaskan, Pemkot Bogor masih konsisten terhadap penataan PKL sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2005.

“Tidak ada perubahan dari dulu sampai sekarang. Penertiban dan penataan ketika malam takbiran akan terus dilakukan sampai dengan penataan pasca Idul Fitri. Titik mana saja tertuang dalam perda tersebut adalah kawasan MA Salmun, Dewi Sartika, dan  Nyi Raja Permas,” bebernya.

Hanafi melanjutkan, berbagai upaya sudah dilakukan pemkot melalui kebijakan-kebijakan skala prioritas penataan PKL. Direncanakan para PKL yang berjualan di sekitar kawasan jalan Dewi Sartika, mulai Blok F hingga BJB cabang Bogor akan direlokasi dan untuk selanjutnya kawasan tersebut ditata lebih rapi.(fik/*)