Beranda Radar Ramadan Jelajah Religi

Budayakan Tadarus Alquran di Kantor

KHUSYUK: Setiap pagi seluruh insan Kecamatan Leuwiliang mengikuti halaqah tadarus Alquran.

Leuwiliang–RADAR BOGOR, Ada yang tidak biasa di kantor Kecamatan Leuwiliang selama Ramadan. Seluruh insan Kecamatan Leuwiliang diharuskan mengikuti halaqah tadarus Alquran setiap pagi bulan Ramadan.

Camat Leuwiliang Chairuka Judhyanto mengatakan, kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan untuk menguatkan rohani aparatur sipil negara maupun staf Kecamatan Leuwiliang. Tradisi ini, sebutnya, sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

”Alhamdulillah, ini bagian dari cara kita menguatkan sisi keimanan. Apalagi di bulan Ramadan. Kita membaca Alquran setiap juz. Ada yang bacaannya cepat, ada yang lambat. Paling tidak, ini satu tradisi dan budaya baik yang ingin kita lestarikan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Ia juga mengisahkan, ada banyak hikmah di balik kegiatan tersebut. Para insan kecamatan Leuwiliang, kata Chairuka, paling tidak bisa lebih dekat dengan kitab suci mereka. ”Karena halaqah ini, salah satu staf kacamatan sampai menikah karena terpesona dengan bacaan Alquran,” tukasnya.

Chairuka berharap kegiatan tadarus Alquran di kantor kecamatan bisa terus ditradisikan sepanjang waktu. Ada banyak sekali faedah, kata Chairuka, bagi orang-orang yang selalu mendekatkan diri dengan Alquran.(cr3)

Baca Juga