Beranda Olahraga Kickers

Bibras Natkho, Muslim yang Cinta Israel

BERBAGI
Bibras Natkho

TEL AVIV-RADAR BOGOR,Mungkin Anda tidak mengenal gelandang CSKA Moskow, Bibras Natkho. Dia merupakan pemain muslim yang sangat mencintai Israel. Mengapa Natkho mencintai Israel?

Jawabannya cukup sederhana, Natkho lahir di Kfar Kama, sebuah desa kecil di bagian utara Israel pada 18 Februari 1988.

Kfar Kama merupakan desa yang dihuni 4.000 umat muslim.

Kebanyakan, umat muslim yang berada di Kfar Kama merupakan keturunan dari orang yang mela­rikan diri dari perang Kekais­aran Rusia pada pertengahan abad ke-19. Natkho dan keluarganya adalah orang Circassians (keturunan Rusia yang tinggal di Israel).

“Saya seorang muslim. Namun, pada saat yang sama, saya mencintai Israel, karena itu adalah negara saya,” ucap gelandang berusia 27 tahun tersebut, seperti diberitakan Russian Football News.

Sebenarnya, Natkho tidak punya garis keturunan pesepak bola dari keluarganya. Namun, tetangganya yang bernama Adam dan bekerja sebagai direktur umum pada pelatih Druzhba mengenalkannya dengan petinggi klub asal Israel, Hapoel Tel Aviv pada 2006.

Sebagai catatan, Natkho merupa­kan satu-satunya pemain Timnas Israel yang beragama Islam. Meski berada di tengah-tengah kaum Yahudi, dia tetap berpegang teguh dengan agama yang disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Buktinya, dia tidak pernah ‘bolos’ menjalankan ibadah puasa setiap tahun. Bahkan, dia juga tak pernah melewatkan waktu untuk salat dan mengaji.

(rur/net)

Komentar Anda

Baca Juga