Beranda Politik

Luncurkan Lampu Hasanah

PEMAPARAN : Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Hasanuddin-Anton charliyan (Hasanah) sebelum mengikuti debat kandidat, tadi malam.

BANDUNG-RADAR BOGOR,Kader PDI Perjuangan Jawa Barat memanfaatkan Juni sebagai Bulan Bung Karno untuk melakukan bakti sosial. Dalam rangka memperingati hari kelahiran Proklamator RI itu, kader PDIP Jabar membantu warga Dusun Tanjakan Pacul, Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, untuk menikmati listrik.

Adalah Margono, kader PDIP Jabar yang membuat penerangan bernama Lampu Hasanah. Lampu itu dari light-emitting diode (LED).

“Alhamdulillah untuk saat ini kita bisa menerangi 50 rumah warga,” ujar Margono, Rabu (6/6).

Dia menjelasan, Lampu Hasanah menggunakan lampu LED yang suistanable. Setiap paket Lampu Hasanah terdiri atas lima lampu dengan tingkat keterangan setara 10 watt lampu biasa.

Margono melontarkan idenya tentang Lampu Hasanah karena melihat warga yang tak bisa menikmati listrik. Padahal, mereka tak jauh dari kawasan industri.

Akhirnya, Margono berdiskusi dengan Ketua DPD PDIP Jawa Barat TB Hasanuddin. Calon gubernur Jabar itu lantas mendatangi Desa Tanjakan Pacul.

“Beliau merespons dengan tawaran teknologi yang sederhana yang murah dan bisa terealisasikan tanpa menunggu lama,” ungkap Margono.

Sedangkan untuk mengecas Lampu Hasanah cukup menggunakan genset berkekuatan 2.500 watt. “Jadi, jika habis warga bisa mengecas dengan genset yang sudah kami siapkan,” ungkap Koni selaku kepala teknisi Lampu Hasanah.

Terpisah, Hasanuddin menyatakan, bakti sosial itu bisa menjadi contoh.

“Kita harus memberikan solusi, contohnya yang dilakukan oleh kader-kader PDI Perjuangan ini,” ujarnya.(rus/rmo/jpg)

Baca Juga