Beranda Radar Ramadan Silaturahmi

Kegiatan Santri Daarul Uluum, Kembangkan Pramuka dan Marching Band

DAARUL ULUUM FOR RADAR BOGOR
EKSIS: Tim Pramuka Daarul Uluum menjadi utusan Bogor untuk Pramuka Ponpes se-Jawa Barat.

Pondok Pesantren Daarul Uluum menjadi lembaga pendidikan alternatif Islam, sehat, dan berdisiplin untuk melahirkan pelajar-pelajar muslim, yang ahli pikir dan zikir, serta berilmu amaliah dan beramal ilmiah.

Laporan : Tria Ayu Lestari

Dari sisi prestasi, sudah banyak yang pondok pesantren ini ikuti, baik itu akademik maupun non-akademik. Dari sesi akademik, misalnya, pada waktu itu ada kompetisi Sains Madrasah tingkat Kota Bogor. “Siswa di sini menjadi juara pertama pelajaran matematika,” kata Hasbulloh.

Setiap ada perlombaan, baik itu tingkat Kota Bogor maupun nasional, pesantren ini selalu ikut. Tahun kemarin, ponpes ini menjadi utusan Kota Bogor untuk tingkat Jawa Barat untuk lomba baca kitab kuning yang diadakan dua tahun sekali.

Masih kata Hasbulloh, dari sisi kepramukaan, ponpes ini menjadi utusan Bogor untuk Pramuka Ponpes se-Jawa Barat di Ciletuh, pada bulan lalu. Dan kini sedang menyiapkan untuk tingkat nasional.

Selain itu, Pesantren Daarul Uluum juga mengembangkan ekskul marching band dan sudah menjadi bagian dari tingkat Kota Bogor. Saat ada event di GOR Pajajaran, Daarul Uluum menjadi salah satu juara pada kategori-kategori tertentu.

Selain itu, pesantren ini memiliki kelas-kelas unik, seperti life skill dan soft skill. Misalnya, kelas menulis, serta bagi santri yang memiliki kemampuan literasi. Kedua, kelas kewirausahaan.

“Kami sudah kerja sama dengan Kadin. Jadi, mereka dilatih dengan teori dan praktik, agar ketika pulang ke rumah mereka akan terbiasa,” ujarnya.

Mendorong agar santri terus berprestasi memang tidak luput dari pembinaan. “Jadi memang sudah jauh-jauh hari pembinaannya dan dipersiapkan dengan matang,” tutupnya.(*/c)

Baca Juga