Beranda Metropolis

Antre E-KTP Dikawal Satpol PP

BIAR TERTIB: Satpol PP dikerahkan untuk mencegah kericuhan antrean warga di kantor Disdukcapil Kota Bogor, kemarin (7/6).

BOGOR–RADAR BOGOR,Banyaknya antrean pemohon e-KTP di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) membuat Satpol PP Kota Bogor turun tangan untuk mengamankan pencetakan e-KTP, kemarin (7/6). Hal ini dilakukan guna mengantisipasi ricuh yang sempat terjadi dalam antrean e-KTP.

Beberapa petugas srikandi Satpol PP terlihat melakukan penjagaan di beberapa titik antrean. Penjagaan sendiri dilakukan mulai pukul 06.00 hingga 12.00 WIB.

Kepala Satpol PP Kota Bogor, Herry Karnadi mengatakan, hal itu dilakuan demi men­ciptakan susasan antrean yang kondusif. “Yang dikha­watiurkan kondisi menjadi tidak tertib, rawan tindak kriminal, takut ada yang ping­san juga karena banyaknya warga yang datang,” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin (7/6).

Ia mengaku akan terus melakukan pengawalan di antrean pencetakan e-KTP selama masih dibutuhkan oleh Disdukcapil Kota Bogor. Sebab, kemarin bukan pertama kalinya Satpol PP Kota Bogor melakukan pengawasan. Pihaknya melakukan pengawalan kantor Disdukcapil di Jalan Achmad Adnawijaya itu sejak Selasa (6/6).

“Pengawalannya tergantung permintaan Disdukcapil,” kata Herry.

Setelah tersedianya kembali stok tinta e-KTP, kantor Dis­dukcapil kerap dipadati masyarakat Bogor. Beberapa di antaranya bahkan menyem­patkan diri datang sejak pagi buta untuk bisa mendapatkan e-KTP lebih awal.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Dody Ahdiat memberikan imbauan kepada masyarakat Bogor un­tuk menghindari antrean. Salah satunya, bisa dilakukan de­ngan cara kolektif dari masing-masing pengurus RT/RW.

“Untuk me­ngurangi antrean panjang, proses pencetakan e-KTP bagi warga yang sudah melaku­kan perekaman (ter­bukti adanya surat kete­rangan/suket), maka untuk pengajuan pencetakan dapat dikolektif,” jelasnya.(fik/c)

Baca Juga