Beranda Metropolis

Puskesmas Beroperasi saat Libur Lebaran

Rubaeah

BOGOR–RADAR BOGOR,Meski masyarakat Kota Bogor dihadapkan dengan libur panjang, Pemkot Bogor memastikan bahwa pelayanan kesehatan untuk masyarakat tetap berjalan normal. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Rubaeah mengatakan, sebanyak 30 puskesmas (lima rawat inap) akan disiagakan selama libur Lebaran.

Tak hanya itu, sarana prasarana berupa kendaraan darurat juga tetap disiagakan.

“Walaupun cuti, puskesmas hingga rumah sakit tetap melayani masyarakat yang ingin berobat,” jelasnya kepada Radar Bogor, Selasa (5/6).

Sementara, bagi masyarakat yang hendak berobat menggunakan BPJS Kesehatan, diperkenankan untuk masuk IGD rumah sakit jika fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) sedang tutup. Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan pelayanan pengobatan di Terminal Baranangsiang mulai tujuh hari sebelum (H-7) hingga sesudah Lebaran (H+7).

“Jadi, tidak ada namanya pelayanan tutup. Termasuk pengadaan obat,” terangnya.

Sementara itu, tenaga medis Puskesmas Tanahsareal, dr Maria mengatakan, tahun ini akan sama dengan tahun sebelumnya. Pelayanan dibuka pukul 08.00–12.00 WIB. Sehingga, untuk pelayanan di atas pukul 12.00 WIB akan dialihkan ke IGD Rumah Sakit.

“Sama seperti tahun lalu, ada jadwal piket. Poli umum lansia, semua,” sebutnya.(fik/c)

Baca Juga