Beranda Konsultasi

Jaga Kulit saat Puasa

BERBAGI
dr. Ummi Zakiyah

Tanya
Assalamualaikum, dokter Ummi, saya mau tanya bagaimana menjaga kulit wajah dan area lainnya agar saat puasa tetap terlihat segar dan tidak kusam? Terima kasih.
0895619341667

Jawab
Waalaikumsalam.
Terima kasih untuk pertanyaannya.
Saat berpuasa terjadi perubahan, berkurangnya asupan cairan dan makanan, pola makan yang salah, dan perubahan pola tidur. Hal itu akan memengaruhi kondisi kulit kita. Masalah yang sering ditemukan adalah kulit menjadi kering dan kusam. Tentu saja akan memengaruhi dan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri terutama bagi kaum hawa.
Bagaimana menjaga kulit tetap segar dan tidak kusam saat berpuasa? Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan kulit saat berpuasa:

1. Minum air putih yang cukup
Selama 12 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan karena puasa. Hal ini tidak hanya membuat tubuh kurang cairan, tapi juga membuat kulit kita kering. Usahakan minum air putih yang cukup dari waktu berbuka hingga waktu sahur. Cairan yang dibutuhkan sekitar 2 liter (8 gelas). Cairan yang cukup membuat kulit kita terhindar dari masalah kulit kering.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayur saat berbuka puasa dan sahur
Pilihlah buah yang banyak mengandung air, karena selain memberikan nutrisi pada kulit, buah yang banyak mengandung air akan memberikan cairan pada tubuh kita.

3. Mencuci wajah
Menjaga kebersihan kulit dengan cara mencuci wajah adalah hal yang sangat penting dalam perawatan kulit, karena dengan mencuci wajah kotoran di wajah akan hilang dan kulit kita tetap sehat.

4. Memakai sunscreen dan pelembap
Dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya dapat memberi perlindungan kulit terhadap sinar UV, sedangkan penggunaan pelembap bertujuan menjaga kelembapan kulit dan membantu kulit kita tidak kering. Pilihlah sunscreen dan pelembap yang cocok dengan jenis kulit kita.

5. Istirahat dan tidur yang cukup
Istirahat dan tidur yang cukuo akan membantu kulit kita tetap sehat, bersinar dan cantik.

Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat.

Komentar Anda

Baca Juga