Beranda Metropolis

Gara-gara Muatan Berlebih

TERBALIK: Gara-gara muatan berlebih, truk yang mengangkut batu bata terbalik kemarin (6/6).

BOGOR– RADAR BOGOR,Membawa muatan berlebih alias overkapasitas sangat berbahaya. Laju kendaraan menjadi tidak stabil sehingga rawan kecelakaan. Kemarin (6/6), truk Mitsubishi Fuso Canter bernomor polisi B 9174 DIU membuktikannya di Jalan Indraprasta. Truk yang membawa muatan bahan bangunan bata hebel itu, terguling tepat di simpang Jambu Dua.

Menurut keterangan saksi di lokasi, Nuri (28), warga Bogor Utara, kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 06.40 WIB. Terdengar suara rentetan rem dari arah belakang. Tiba-tiba, truk mundur dan menabrak pohon. “Saya lihat truk nanjak ke arah Indraprasta. Tapi kuat terus, ada suara teriak awas-awas,” katanya kepada Radar Bogor ditemui di lokasi.

Kanit Laka Polresta Bogor Kota Iptu Budi Suratman menuturkan, kecelakaan tunggal ini tidak menimbulkan korban. Sebab, kendaraan yang berada di belakang truk sempat menghindar menyelamatkan diri.

“Tanjakan tidak begitu tajam, hanya saja kendaraan kelebihan muatan. Kami sudah cek kapasitasnya untuk muatan 600 bata. Tapi, yang diangkut sudah melebihi itu, yakni 1.000 batu bata,” bebernya.

Akibat kejadian ini, lalu lintas di kawasan tersebut sempat diwarnai kemacetan. Truk baru dievakuasi satu jam kemudian. Sementara sopir truk diamankan untuk menerima sanksi tilang.(don/c)

Baca Juga