Beranda Metropolis

Traffic Light Error, Pengendara Bingung

MEMBINGUNGKAN: Traffic light di sejumlah Jalan Kota Bogor mengalami error dan menampilkan waktu yang tidak sesuai.

BOGOR–RADAR BOGOR,Informasi yang terpasang dalam traffic light, yang terhubung dengan sistem area traffic control system (ATCS) di lampu merah Pangrango, banyak menyita perhatian pengendara yang melintas akhir-akhir ini.

Pasalnya, kotak informasi itu keliru menuliskan keterangan hari Sabtu tanggal 12 Juni 2094 pukul 02.19.

Tidak hanya dijadikan lelucon, informasi yang tidak tepat tersebut bahkan membuat sejumlah pengendara yang melintas mencoba mengecek ke kalender mereka akan kebenaran tanggal tersebut jatuh di hari yang sama, yaitu Sabtu atau tidak.

Ditanya di lampu merah tersebut, salah satu pengendara motor, Firzha Ardiansyah Maulana (23), pun heran dengan informasi waktu yang tertera.

“Sudah lumayan lama, saya tiap berangkat ke kampus lewat situ, suka bikin ketawa, hiburan sih,” jelas mahasiswa Universitas Pakuan ini kepada Radar Bogor.

Kata dia, beberapa teman kampusnya yang mengetahui pun pernah membicarakan hal tersebut.

“Kadang suka bercanda, ‘sekarang sudah tahun 2094 tau,’ dan yang menyahut berarti sama-sama tahu kalau kami lagi ngobrolin informasi yang ada di traffic light itu,” ungkap pria yang akrab disapa Ica itu.

Warga Kota Bogor lainnya, Meta Aulia (30), salah satu karyawan swasta, menggangap hal itu tidak terlalu penting karena masing-masing orang sudah punya jam dan tanggalan pada gawai mereka.

“Sebenarnya tidak terlalu masalah yah. Tapi lucu saja sih, pas lihat responnya cuman, wow,” canda Meta.

Dikonfirmasi, Kabid Kesela­matan dan Ketertiban Dishub Kota Bogor, Teofilo Patrcocinio mengaku belum mengetahui kekeliruan informasi di kotak traffic light tersebut. “Sudah koordinasi dengan tim teknik, mereka bilang mungkin ke-reset jadi default lagi ke awal, tapi akan dicek,” katanya Senin pagi.

Namun, beberapa lama berselang, Teo mengungkapkan bahwa jalan tersebut merupakan jalan nasional. Sehingga kewenangan dan perawatannya ada di pihak BPTJ. Namun, pihak Dishub Kota Bogor sudah koordinasi dengan pihak BPTJ. “Sudah koordinasi dan segera diperbaiki,” bebernya.

Di luar itu, menurut pantauan Radar Bogor, error-nya kotak informasi yang terpasang di trafic light tidak hanya di simpang Pangrango atau perempatan dekat McD Lodaya saja. Di traffic light Warung Jambu pun bahkan terlihat mati atau tidak berfungsi.

“Nah, untuk perawatannya bagaimana, kami juga tidak tahu karena kewenangan mereka, itu jalan nasional. Mungkin setelah ini, semua diperbaiki dan berfungsi normal kembali,” tandas Teo.(ran/c)

Baca Juga