Beranda Metropolis

Serunya Ramadan Ceria ala Pendidikan Luar Sekolah FKIP UIKA

SEMANGAT: Mahasiswa FKIP UIKA mengisi libur Ramadan dengan kegiatan lomba dan diskusi.

Mahasiswa FKIP Universitas Ibn Khaldun (UIKA) mempunyai cara seru dalam mengisi waktu di libur Ramadan. Mereka yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (Imadiklus) sekaligus pengurus Rumah Pintar SBJ, menggelar Ramadan Ceria bersama anak-anak.

Laporan: Rany Puspitasari

Ramadan Ceria dengan tema “Rombongan Anak Mencari Pahala di Bulan yang Mulia” merupakan salah satu program dari Rumah Pintar SBJ bekerja sama dengan Imadiklus UIKA.

Angga Riandi, kepala program Rumah Pintar SBJ, menjelaskan, kegiatan rutin tahunan mereka ini merupakan upaya mengajak para pemuda juga anak-anak sekolah memiliki kegiatan produktif di tengah liburan. “Pesertanya itu anak-anak sekolah di bangku sekolah dasar, juga para mahasiswa yang mengikuti sejumlah lomba,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Lombanya, kata Angga, terbagi menjadi dua untuk anak sekolah dan mahasiswa. Untuk anak SD kelas 1, 2, 3 mengikuti lomba azan dan membaca ayat Alquran. Sedangkan untuk mahasiswa­nya, lebih diarahkan pada kegiatan share the moment. Mereka berdiskusi sambil menunggu waktu buka puasa.

“Peserta anak-anak SD itu kami bawa yang sekitar Rumpin,” tambah Angga.

Sedangkan, peserta mahasiswa lebih difokuskan ke mahasiswa dan alumni UIKA. Kegiatan ini, sambung dia, diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi para mahasiswa untuk terus termotivasi untuk bisa terjun langsung dan bersentuhan dengan masyarakat.

“Jadi, hal sederhana berperan penting atau memberi dampak besar. Kami harap ini bisa terus berjalan dan terus memberikan manfaat kepada warga Bogor,” tutup Angga.(*/c)

Baca Juga