Beranda Olahraga Kickers

Marouane Fellaini, Muslim Pertama Kapteni MU

Marouane Fellaini

MANCHESTER-RADAR BOGOR, Prestasi pemain muslim di arena sepak bola kini semakin membanggakan. Tidak hanya bermain di liga paling kompetitif di dunia, Liga Inggris, tetapi juga me­mimpin sebuah klub ternama dalam sebuah pertandingan. Dia adalah Marouane Fellaini, seorang muslim pertama yang menjadi kapten klub papan atas, Manchester United.

Publikasi AboutIslam menyebutkan bahwa penunjukan Fellaini sebagai kapten lantaran absennya Wayne Rooney dan Michael Carrick pada pertandingan 9 April tahun lalu. Sang pelatih, Jose Mourinho menunjuk pemain bintang Tim Nasional Belgia itu untuk memimpin klub berjuluk Setan Merah yang berhadapan dengan Sunderland dan berakhir dengan kemenangan United, 3-0.

Fellaini sendiri dikenal dengan ciri khasnya Afro, rambut kribo yang mengembang. Dia juga menjadi salah satu pemain yang paling sering difitnah di liga Inggris. Meski demikian, ia tetap bangga dan menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang muslim keturunan Maroko.

Gelandang Belgia ini lahir pada November 1987. Dia menandatangani untuk Everton pada 2008, lalu pindah ke Manchester United pada 2013 dalam sebuah kesepakatan transfer senilai 27,5 juta euro.

Pemain dengan tinggi 194 cm ini memainkan pertandingan internasional pertamanya antara Belgia dan Republik Ceko pada Februari 2007. Fellaini bukan satu-satunya pemain muslim di skuat MU, ada juga pemain termahal dunia, Paul Pogba, yang juga seorang muslim.

(rur/net)

Baca Juga