Beranda Olahraga All Sport

Hilton Bikin Tegang

BERBAGI
SEKARAT: Tim medis berusaha menolong penyerang Persipura Jayapura, Hilton Moreira yang terkapar karena terkena tangan kiper PSM Makassar, Rivki Mukodompit saat menyelamatkan bola.

JAYAPURA–RADAR BOGOR, Laga Persipura Jayapura menjamu PSM Makassar pada Senin (4/6) malam WIB, sempat terhenti beberapa menit saat memasuki menit 38. Itu bermula dari benturan Hilton Moreira dengan kiper PSM, Rivky Mokodompit. Penyerang Persipura asal Brasil itu langsung terjatuh usai tengkuknya terkena tangan Rivky. Kedua pemain sama-sama hendak menyongsong bola tendangan bebas Ian Kabes.

Benturan itu membuat Hilton mengerang kesakitan dan kemudian tergeletak tak sadarkan diri. Dia mengalami kolaps akibat benturan tersebut.

Melihat Hilton tak bergerak, Rivky secara cepat langsung memegangi mulut Hilton dan sepertinya melakukan tindakan agar lidah Hilton tak tertelan. Kiper PSM itu juga mengangkat tangan dan berteriak meminta bantuan. Kemudian datang Marcel Sacramento dan Abdul Rahman. Kedua pemain itu ikut memegangi mulut Hilton dan memasukkan jari ke dalamnya.

Rivky terus berteriak meminta bantuan tim medis agar segera datang. Sacramento dan Abdul Rahman juga melakukan hal serupa. Hasyim Kipuw juga datang untuk memberikan bantuan. Tak lama tim medis datang dan langsung memberikan pe­nanganan secara cepat. Rivky dan para pemain lain pun ikut membantu dengan memegangi mulut Hilton agar tetap terbuka dan menahan lidah tak tertelan.

Petugas medis kemudian memberi isyarat ke petugas lain untuk membawa tabung oksigen. Hilton pun diberi bantuan oksigen. Secara sigap, mobil ambulans sudah merapat ke pinggir lapangan dekat Hilton mendapat penanganan. Hilton pun sempat dibawa menggunakan tandu mendekati ambulans.

Tak lama berselang, Hilton tersadar dan dalam kondisi baik-baik saja. Dia pun langsung berdiri. Kesigapan pemain dan kecepatan tim medis dalam memberikan pertolongan pertama sangat layak diacungi jempol. Bahkan, Hilton bisa langsung pulih dan melanjutkan pertandingan. Dia seperti tak mengalami apa-apa sebelumnya.

Laga kemudian dilanjutkan dan Hilton bisa bermain lagi tanpa mengalami apa-apa. Pemain dan tim medis melakukan langkah cepat dalam memberikan pertolongan pertama untuk menghindarkan dari akibat yang fatal. Terima kasih Tuhan. Salut untuk pemain dan tim medis. (epr/JPC)

Komentar Anda

Baca Juga