Beranda Berita Utama

Gunung Meletus Tewaskan 69 Orang

BERBAGI
Seorang polisi berlari melewati abu letusan Gunung Api Fuego di Guatemala (Reuters)

GUATEMALA-RADAR BOGOR,Setidaknya 69 orang tewas dan ratusan lainnya terluka setelah Gunung Api Fuego di Guatemala meletus. Gunung berapi yang jaraknya sekitar 40 km dari Ibu Kota Guatemala itu memuntahkan batu, asap hitam, dan abu ke langit.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (Conred) mengatakan, lahar menghantam Desa El Rodeo, menghancurkan rumah-rumah, dan membakar orang-orang di dalamnya. Di Kota Guatemala, Bandara La Aurora ditutup karena abu.

Presiden Guatemala Jimmy Morales mengatakan, tanggapan darurat nasional telah diluncurkan. “

Kami berpikir mungkin ada kehancuran setidaknya di tiga wilayah,” katanya dilansir BBC.

Letusan ini adalah yang terbesar sejak 1974. Kepala Conred Sergio Cabañas mengatakan kepada stasiun radio lokal, aliran lahar telah berubah arah menuju El Rodeo. “Ini adalah sungai lava yang meluap dan menuju ke Desa El Rodeo. Ada orang-orang yang terluka, terbakar, dan mati,” katanya.

“Sayangnya El Rodeo belum bisa dicapai dan kami belum mampu untuk mencapai Desa La Libertad karena lava dan mungkin ada orang yang meninggal di sana juga,” tambahnya.

Menurut Cabañas, orang yang meninggal termasuk anggota staf kantornya. Beberapa anak kecil termasuk di antara mereka yang dinyatakan meninggal.

Video yang diterbitkan oleh media setempat memperlihatkan jenazah tergeletak di atas aliran lava. Terlihat pula para tim penyelamat yang menolong orang-orang berlumuran abu. Sebanyak 1,7 juta orang diketahui terkena dampak letusan. Para pejabat telah menyarankan warga untuk memakai masker karena hujan abu.

Seorang juru bicara otoritas bencana mengatakan, perubahan arah angin adalah penyebab abu vulkanik jatuh di bagian ibu kota. Militer Guatemala juga mengatakan, pihaknya memberikan bantuan mendirikan tempat penampungan sementara dan membersihkan abu vulkanik dari landasan pacu Bandara La Aurora.(ce1/iml/JPC)

Komentar Anda

Baca Juga